Pemprov Sulteng minta UMKM bantu atasi pengangguran di daerah

id UMKM, pengangguran, kemiskinan, wagubsulteng, Ma'mun Amir, lapangan kerja, Sulteng, Harkanas, Parigi Moutong ,Pemprov Su

Pemprov Sulteng  minta UMKM bantu atasi pengangguran di daerah

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir memberikan keterangannya usai membuka pameran UMKM rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (19/11/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meminta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut terlibat mengatasi pengangguran dan kemiskinan di daerah dengan membuka akses lapangan kerja.
 
"UMKM bisnis tahan terhadap guncangan resesi, mereka sudah teruji saat moneter mengguncang Indonesia pada 1998, dengan kekuatan ini pemerintah menilai mereka mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat," kata Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir saat ditemui sejumlah jurnalis usai membuka pameran UMKM rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) di Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, pengangguran dan kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Daerah (Pemda), sehingga dalam menangani persoalan krusial seperti ini perlu dukungan para pihak, tidak terkecuali UMKM, di samping industri-industri besar melalui akses kesempatan kerja.
 
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2022, tingkat pengangguran terbuka di Sulteng 3,67 persen, atau turun dibandingkan 2021 sekitar 3,73 persen, dan indeks gini rasio tergolong rendah di angka 0,32.
 
Tahun 2021, angka kemiskinan Sulteng sekitar 12,18 persen, dan tahun ini Pemda setempat berupaya menekan angka prasejahtera dengan target 11 persen.

"Kami mengapresiasi UMKM karena sudah memberikan peluang kerja bagi masyarakat, kami juga berharap langkah ini lebih masif dilakukan, sehingga tujuan pemerintah menekan angka pengangguran dan kemiskinan dapat tertekan serendah mungkin," ujar Ma'mun.
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir meninjau salah satu stand pameran UMKM perajin tenun khas daerah pada kegiatan pameran UMKM rangkaian Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (19/11/2022). ANTARA/Moh Ridwan
Ia juga meminta, masyarakat memanfaatkan kebijakan pemerintah melalui pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 3 persen di perbankan, untuk pengembangan usaha supaya kualitas dan kuantitas produksi semakin meningkat.
 
Kurang lebih 343.533 UMKM tercatat di provinsi itu tersebar di 13 kabupaten/kota pada tahun 2021.
 
Ia menambahkan, berbagai sektor dapat dikembangkan UMKM, salah satunya sektor kelautan dan perikanan yang dapat diharmonisasi dengan visi gerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju.
 
"Terutama implementasi misi ketiga Pemprov Sulteng mewujudkan peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan," demikian Ma'mun.