RRI Palu gelar Pekan Tilawatil Quran tatap muka

id Ptq, Al Quran, Tilawatil, MTQ, STQ, RRI Palu, Sulteng

RRI Palu gelar Pekan Tilawatil Quran tatap muka

Kepala Bagian Tata Usaha RRI Palu Samsu saat membuka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-53 di internal RRI setempat di Palu, Kamis (23/3/2023). ANTARA/Andilala

Palu (ANTARA) -
Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-53 secara tatap muka untuk pertama kalinya setelah tiga tahun kegiatan serupa secara daring karena pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah, tentunya kami bersyukur tahun ini bisa melaksanakan PTQ secara langsung dan pelaksanaannya berlangsung di momen Bulan Suci Ramadhan,” kata Kepala Bagian Tata Usaha RRI Palu Samsu saat membuka PTQ ke-53 di internal RRI setempat di Palu Kamis.
 
Ia menjelaskan PTQ untuk menyeleksi qari dan qariah, hafiz dan hafizah, serta ditandai dengan beberapa cabang perlombaan lainnya. Peserta terbaik selanjutnya diikutkan dalam ajang serupa tingkat nasional yang rencananya di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 1-6 April mendatang.
 
Ia berharap, dewan juri secara profesional menjalankan tugas menjaring peserta yang paling terbaik guna mewakili Kota Palu melaju ke tingkat nasional, untuk berlomba dengan utusan dari 73 Stasiun RRI se-Indonesia.
 
"Giat ini merupakan agenda tahunan RRI yang telah dilaksanakan sejak tahun 1968. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca Quran kepada anak, sekaligus sebagai syiar Islam," ujarnya.
 
Ia menuturkan PTQ pertama kali dilaksanakan oleh RRI Makassar, Sulawesi Selatan di Masjid Raya Makassar pada 1968 yang kemudian mendapatkan respons positif dari publik.
 
Berdasarkan PTQ ini, juga menghasilkan seorang qari terbaik bernama Muhammadong. 

“Orang Sulawesi pasti kenal nama itu, karena lantunan bacaannya yang sangat merdu,” ucapnya.
 
Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang turut membantu menyukseskan kegiatan tersebut.