Pemkab Bangkep harap PMI penuhi kebutuhan warga atas darah

id Pemkab Bangkep,Sekda Bangkep,Rusli Moidady,PMI Bangkep,Pmi,Musyawarah kerja pmi

Pemkab Bangkep harap PMI penuhi kebutuhan warga atas darah

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, Rusli Moidady menyampaikan sambutan pada pembukaan musyawarah kerja PMI Kabupaten Bangkep. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Bangkep, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, mengharapkan Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten tersebut agar memenuhi kebutuhan warga atas donor atau stok darah, sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.



Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkep, Rusli Moidady, di Bangkep, Rabu, mengemukakan Palang Merah Indonesia adalah organisasi kemanusiaan yang sangat besar dan strategis dalam memberikan pelayanan kesehatan, antara lain membantu korban bencana alam, donor darah, menjamin ketersediaan darah yang aman dan berkualitas.



"Olehnya, saya mengajak jajaran Palang Merah Indonesia Bangkep untuk merapatkan barisan untuk merencanakan visi dan rencana aksi kedepannya, untuk menata Banggai Kepulauan sejahtera untuk semua serta meningkatkan capaian Palang Merah Indonesia yang lebih profesional," kata Rusli.



Rusli menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Banggai Kepulauan, yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum, Kecamatan Tinangkung.



Ia mengemukakan Palang Merah Indonesia adalah salah satu perhimpunan nasional yang diamanatkan dalam Undang - Undang Nomor 1 tahun 2018, bahwa PMI memiliki tugas membantu Pemerintah dalam hal penyelenggaraan kepalangmerahan baik pada masa konflik ataupun masa damai.



"Termasuk membantu pemerintah dalam penanganan bencana dengan selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasarnya yaitu, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan," ujarnya.



Menurut dia, prinsip dasar ini harus dipedoman PMI dalam menyusun rencana program dan kebijakan serta semua aktivitas di semua jajaran beserta unit-unit yang berada di bawah lingkup PMI.



Oleh karena itu, kata dia, musyawarah kerja PMI Bangkep semoga menghasilkan program kerja yang terukur, jelas dan dapat diimplementasikan, serta dapat meningkatkan rasa memiliki Palang Merah Indonesia di masyarakat," sebutnya.



Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Bangkep, Abdi Gunawan mengatakan musyawarah kerja dilaksanakannya untuk meningkatkan kinerja PMI ke depan.



Ia mengatakan bahwa pihaknya bersedia bersinergi dengan Pemkab Bangkep untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat atas darah.



"Unit donor darah kita sudah siap, bagi siapa yang membutuhkan di PMI sudah siap, darah kita di PMI aman, berkualitas dan terjangkau," ujarnya.




Ketua PMI Kabupaten Bangkep, Abdi Gunawan menyampaikan sambutan pada pembukaan musyawarah kerja PMI Kabupaten Bangkep. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)