Manggarai Barat pastikan RS Komodo siap layani VVIP ASEAN Summit

id asean,asean summit,ktt asean,rsud komodo,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,rs komodo,rs rujukan,kemenkes

Manggarai Barat pastikan RS Komodo siap layani VVIP ASEAN Summit

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melihat kesiapan kamar VVIP di RSUD Komodo Labuan Bajo, NTT bagi para delegasi ASEAN Summit, Senin (8/5/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi memastikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur siap melayani Very-Very Important Person (VVIP) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit.

"Hal-hal yang dibutuhkan untuk penanganan dalam KTT ASEAN sudah siap seratus persen, seperti cathlab jantung, tenaga medis, ruangan VVIP, semua sudah siap," kata Edistasius saat meninjau RSUD Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin.

RSUD Komodo merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai rumah sakit rujukan bagi delegasi KTT ke-42 ASEAN.

Dalam rumah sakit itu, tersedia 2 ruangan VVIP, 8 ruangan VIP, dan 30 ruangan yang terbagi dalam Kelas I dan Kelas II.

Selain itu, ada fasilitas medis lain yakni laboratorium kateterisasi jantung, Instalasi Gawat Darurat khusus VVIP, ruangan Intensive Care Unit (ICU) khusus VVIP, dan ruang operasi umum.


Bupati mengatakan tak hanya fasilitas ruangan yang telah disiapkan di rumah sakit pemerintah itu. Para tenaga medis juga telah disiapkan, termasuk dokter spesialis jantung sebanyak dua orang yang berasal dari RSUP Prof Ngoerah.

Dia menegaskan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berjalan baik sehingga hal-hal yang dibutuhkan untuk penanganan pasien VVIP/VIP tersebut telah siap.

"Tidak perlu khawatir, kalau ada delegasi yang sakit, RSUD Komodo Labuan Bajo sudah siap peralatan dan fasilitasnya," katanya menegaskan.

Selanjutnya Bupati Edistasius berharap para tenaga medis dan semua pemangku kepentingan terkait dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para delegasi dan tamu VVIP/VIP.

"Kita tidak berharap para tamu sakit, kita berharap semua tetap sehat. Namun, jika ada yang sakit, mari beri pelayanan kesehatan yang terbaik," katanya berpesan.

Rangkaian KTT ke-42 ASEAN telah dimulai hari ini yang diawali dengan Senior Official Meeting (SOM) di MICE Golo Mori Labuan Bajo.

Sedangkan para kepala negara ASEAN dijadwalkan tiba di Labuan Bajo pada Selasa esok.