Jerman pecat pelatih Hansi Flick sembilan bulan sebelum Piala Eropa

id timnas jerman,pelatih timnas jerman,hansi flick,pecat,pecat pelatih

Jerman pecat pelatih Hansi Flick sembilan bulan sebelum Piala Eropa

Ilustrasi - sepak bola. (pixabay.com) (pixabay.com/)

Jakarta (ANTARA) - Jerman telah memecat pelatih Hansi Flick hanya sembilan bulan sebelum menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024, setelah kekalahan memalukan 1-4 dari Jepang pada Sabtu, demikian diumumkan federasi sepak bola Jerman (DFB) pada Minggu.

Flick menjadi pelatih timnas Jerman pertama dan satu-satunya yang dipecat sejak posisi itu dibentuk pada 1926.

Direktur olahraga Rudi Voeller akan mengambil alih posisi itu untuk sementara. Voeller sebelumnya pernah melatih timnas Jerman pada 2002.

Ketua Umum DFB Bernd Neuendorf mengatakan pemecatan itu tidak dapat terhindarkan setelah serentetan hasil mengecewakan yang didapat timnas Jerman.

"Dengan pandangan tertuju ke Piala Eropa di negara kami sendiri, kami memerlukan semangat optimistis dan kepercayaan diri," kata Neuendorf dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP.

Voeller dilaporkan tidak akan memimpin Jerman sampai Piala Eropa 2024.

Julian Nagelsmann, yang sebelumnya menggantikan Flick sebagai pelatih Bayern Munich, disebut-sebut berpeluang mengisi posisi itu menjelang Piala Eropa.

Mantan pelatih Eintracht Frankfurt Oliver Glasner, yang seperti Nagelsmann sedang menganggur, disebut-sebut pula memiliki peluang untuk menggantikan Flick.

Jerman dipecundangi Jepang pada pertandingan persahabatan yang dimainkan di Wolfsburg. Jerman masih beruntung karena kiper Marc-Andre ter Stegen melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk mencegah timnya dipermalukan lebih parah lagi.

Jerman kini telah mencatatkan empat kekalahan dari enam pertandingan mereka, sejak mereka terdepak lebih awal dari Piala Dunia pada Desember silam.

Selama ini, Jerman belum pernah melakukan perubahan drastis di posisi pelatih timnas. Sebelum Flick, belum pernah ada pelatih timnas Jerman yang dipecat.

Flick ditunjuk menjadi pelatih timnas pada Mei 2021 setelah masa kerja 15 tahun Joachim Loew berakhir. Flick merupakan pelatih kepala ke-10 timnas Jerman sejak Perang Dunia II.

Sebelumnya Flick membawa Bayern Munich memenangi tujuh trofi saat menangani klub raksasa itu selama 18 bulan. Pada delapan pertandingan pertamanya bersama timnas, pasukan Flick selalu meraih kemenangan.

Namun sejak itu ia hanya memenangi empat dari 17 pertandingan, dan Jerman kemudian tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.