Menpora Dito buka Kejurnas Pordasi Equistrian 2023

id Menpora,Dito Ariotedjo,PP Pordasi,Kejurnas Pordasi Equistrian 2023

Menpora Dito buka Kejurnas Pordasi Equistrian 2023

Atlet equistrian dalam Kejuaraan Nasional Pordasi Equistrian 2023 sekaligus menjadi Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung di Jakarta Equestrian Park, Jakarta, KamisĀ (14/09/2023). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pordasi Equistrian 2023 di Jakarta Equestrian Park, Jakarta, Kamis, yang sekaligus menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara.

"Hari ini kami membuka resmi kejuaraan nasional dan babak kualifikasi equistrian untuk PON 2024. Kehadiran kami di sini juga ingin menunjukkan bahwa kami mendukung penuh olahraga equistrian. Ke depannya cabang olahraga berkuda dan equistrian menjadi salah satu cabang olahraga yang unggul," kata Menpora Dito kepada pewarta.

Kejurnas Pordasi Equistrian 2023 diikuti sebanyak 14 provinsi dengan mempertandingkan 12 nomor.

Dalam kejuaraan yang berlangsung hingga 17 September tersebut, Menpora Dito juga mengapresiasi Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) yang telah menyelenggarakan kejuaraan nasional dan menjadi salah satu indikator bahwa federasi telah melakukan pembinaan para atlet berkuda dengan sangat baik.

“Saya juga apresiasi kejuaraan nasional ini yang sekaligus babak kualifikasi PON (Aceh-Sumut). Ini menandakan bahwa Pordasi telah melakukan pembinaan atlet dengan baik. Ada atlet dari 14 provinsi yang bertanding dan pasti mereka adalah wakil terbaik dari daerahnya masing-masing,” pungkas Menpora Dito.

Pada Kejurnas Pordasi Equistrian tahun ini untuk pertama kalinya mempertandingkan nomor endurance.

"Kali ini ada tambahan nomor di equistrian yaitu revanting dan endurance. Endurance merupakan nomor yang baru pertama kali dipertandingkan di ajang equistrian Indonesia. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kesiapan menuju PON Aceh-Sumatera Utara," kata Ketua Pelaksana Kejurnas Pordasi Equistrian 2023 Aryo Djojohadikusumo.