Martin rebut pole MotoGP Jepang, Bezzecchi bangkit dramatis

id Jorge martin,motogp jepang,francesco bagnaia,jack miller,motogp 2023

Martin rebut pole MotoGP Jepang, Bezzecchi bangkit dramatis

Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin merayakan kemenangan sprint race MotoGP Prancis di Bugatti Circuit, Le Mans, Pracis (13/5/2023). ​​​​​​​Jorge Martin​​​​​​​ berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder​​​​​​​ dan pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia. ANTARA FOTO/REUTERS/Stephane Mahe/aww.​​​​​​​​​​​​​​

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin merebut pole keduanya musim ini setelah menjadi yang terdepan di babak kualifikasi MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu.

Martin berada di depan pemimpin klasemen sementara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan unggul tipis 0,171 detik saja. Sementara Jack Miller (Red Bull KTM) kembali ke barisan depan dengan finis di P3 dan terpaut sangat tipis dari Bagnaia dengan 0,182 detik saja.

“Saya merasa kuat sekali (pada sesi kualifikasi),” kata Martin, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Bagnaia yang baru saja pulih dari cederanya beberapa waktu lalu pun menilai penampilannya hari ini cukup baik walaupun tidak mendapatkan pole. “Saya kira kami telah membuat langkah baru sedikit demi sedikit,” ujar pembalap yang akrab disapa Pecco itu.

Bagi Miller, ia merasakan posisi yang ia raih di kualifikasi merupakan sebuah kemajuan pesat. “Kami berkembang lebih baik, terus lebih baik di setiap sesinya!” kata Miller.

Lebih lanjut, Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berhasil bangkit dari kecelakaan yang menimpanya di awal balapan hingga akhirnya finis di posisi keempat, terpaut tipis 0,426 detik saja dari Martin.

Melengkapi 10 besar, ada Brad Binder (Red Bull KTM), Fabio Digiannantonio (Gresini Racing), Marc Marquez (Repsol Honda), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Johann Zarco (Prima Pramac).
 

Sementara itu, Alex Rins (LCR Honda) tidak akan tampil di MotoGP Jepang karena cedera yang dialaminya dinilai belum pulih total dan tidak memungkinkannya untuk kembali balapan dalam durasi panjang.

Rins mengatakan merasa nyeri di kaki kanannya. Ia sebelumnya memang mengalami patah kaki saat terjatuh di sesi Sprint MotoGP Italia pada Juni.

“Alex Rins dinyatakan tidak laik balapan karena rasa sakit yang dia rasakan hari ini pada kaki kanannya saat melakukan sesi uji coba di trek. Kami bangga dengan usahanya, terima kasih telah mencoba, Alex!” kata tim LCR Honda melalui laman media sosial X.

Adapun Rins ditargetkan untuk pulih sepenuhnya pada MotoGP Mandalika, 13-15 Oktober.

Sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu memang memaksakan diri untuk kembali balapan di sirkuit kandang Honda di Motegi. Ia menilai perkembangannya sudah sangat positif, meskipun memakan banyak waktu agar bisa pulih dan bersaing lagi di MotoGP musim ini.