Lebih dekat dengan Livoli Divisi Utama 2023 sebelum mulai servis

id Livoli Divisi Utama 2023,Livoli Divisi Utama,PP PBVSI,Bola Voli Indonesia

Lebih dekat dengan Livoli Divisi Utama 2023 sebelum mulai servis

Pevoli TNI AU Lestari Indah Diah (kanan) mencoba menahan serangan dari pemain Bank Jatim Indasari Dini (kiri) dalam laga putaran kedua final four Livoli Divisi Utama 2022 di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022). (ANTARA/HO-PBVSI)

Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Liga Bola Voli Divisi Utama atau Livoli Divisi Utama 2023 akan berlangsung mulai 6 November hingga 10 Desember di tiga kota yaitu Tangerang, Magetan, dan Kediri.

"Dalam penyelenggaraan ini kami telah melakukan drawing untuk menentukan tim yang bermain di Tangerang dan Magetan," kata Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI Reginald Nelwan kepada pewarta di Jakarta, Jumat.

Sebanyak delapan tim baik putra maupun putri, terbagi ke dalam dua pul yang diisi masing-masing empat tim. Untuk kategori putra terbagi ke dalam pul A dan pul B, sementara tim putri terbagi ke dalam pul DD dan pul EE.

Di Tangerang, kejuaraan tersebut akan digelar pada 6-11 November bertempat di GOR Indoor Stadium Kelapa Dua Tangerang untuk Pul B dan Pul EE. Sedangkan di Magetan akan digelar pada 14-19 November bertempat di GOR Ki Mageti, Magetan untuk Pul A dan Pul DD. GOR Jayabaya Kediri akan menjadi tempat penyelenggaraan final four pada 1-10 Desember.

Sebanyak delapan tim putra yang akan meramaikan Livoli Divisi Utama adalah Indomaret, BIN Pasundan, Samator, Berlian Bank Jateng, DPUPR Rafabinar Semen Grobogan, TNI AU, dan dua tim yang baru promosi yakni PDAM Tirta Bhagasasi dan Lavani.

Sedangkan di sektor putri terdiri dari Bank Jatim, TNI AU, Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia, Kharisma Premium, TNI AL, Popsivo Polwan, dan dua tim promosi BIN O2C dan Bharata Muda.

Di sektor putra BIN Pasundan, TNI AU, Samator, dan Lavani menempati Pul B sementara di Pul A diisi oleh Indomaret, DPUPR Grobogan, Berlian Bank Jateng, dan PDAM Bekasi.

Di sektor putri Pul EE dihuni oleh TNI AU, TNI AL, Kharisma, dan BIN O2C lalu di Pul DD terdapat Bank Jatim, Popsivo, Petrokimia dan Bharata Muda.

Kompetisi yang sudah berlangsung sejak tahun 1999 tersebut sebelumnya mengalami kemunduran jadwal dikarenakan kota Madiun menyatakan mundur dari status sebagai tuan rumah dan digantikan dengan Magetan.

Lalu PP PBVSI juga menyampaikan bahwa terjadi perubahan jadwal pertandingan di babak reguler yang semula akan berlangsung mulai 31 Oktober hingga 5 November mundur menjadi 6-19 November dikarenakan perubahan tempat pelaksanaan di kota Tangerang.

"Di Magetan kita pindahnya karena kota itu tidak jauh dari Madiun. Kenapa (jadwal) diundur karena GOR Damyati, Tangerang tidak bisa di pakai. Dinas Pemuda dan Olahraga tidak mengizinkan GOR dilubangi untuk net setelah ada lapangan basket, jadi mungkin lapangan itu khusus basket saja, untuk cabor lain enggak boleh di situ. Jadi diundur menjadi tanggal 6 sampai 11 November, GOR pindah ke Indoor Stadium Kelapa Dua," kata Reginald.

Hanya pemain lokal 

Livoli Divisi Utama 2023 masih mengadopsi peraturan yang tidak memperbolehkan pemain bola voli yang berasal dari luar negeri untuk mengikuti kompetisi.

Klub-klub yang berkompetisi di Livoli Divisi Utama diharapkan beranggotakan para pemain hasil binaan dari klub. Namun klub juga diperbolehkan untuk merekrut pemain voli dalam negeri dari kompetisi sebelumnya tak terkecuali Proliga dengan ketentuan sang pemain harus dikontrak dengan durasi satu tahun.

Kompetisi yang berada di bawah naungan PBVSI tersebut merupakan kompetisi yang menerapkan sistem promosi dan degradasi. Klub-klub Livoli Divisi Utama yang berada di dua peringkat terbawah akan terdegradasi ke Livoli Divisi Satu pada musim berikutnya. Sebaliknya finalis dari Livoli Divisi Satu dipastikan akan promosi ke kompetisi Livoli Divisi Utama.

Pada tahun ini, Livoli Divisi Utama menerapkan format dua klub peringkat terbawah akan terdegradasi ke Livoli Divisi Satu. Dikarenakan mulai musim kompetisi 2024 akan terdapat tambahan kuota klub, maka sebanyak empat tim yang merupakan semifinalis di Livoli Divisi Satu akan promosi ke Livoli Divisi Utama pada musim 2024.

Di kategori putra, empat klub yang memastikan tiket untuk promosi ke Livoli Divisi Utama musim 2024 mendatang yaitu Eka Mandiri Salatiga Jateng, Yuso Yogyakarta, Ganevo SC Yogyakarta dan Singo Yudha Kutai Barat. Lalu di kategori putri, empat klub yang telah mengantongi tiket promosi pada musim 2024 yaitu Bandung Tectona, Lombok Electrik PLN, Jenggolo Sport Sidoarjo dan Yuso Yogyakarta.

Di musim kompetisi yang ke-21 ini, PBVSI juga akan menerapkan teknologi video challenge system untuk menunjang performa asisten wasit. Teknologi video challenge system akan menggunakan aturan sesuai standar FIVB (Federasi Voli Dunia) dengan menerapkan challenge di setiap set dan tim maksimal dapat melakukan dua kali challenge. Sebelumnya, PBVSI telah menerapkan teknologi video challenge system dalam kejuaraan tingkat Asia Tenggara, SEA V League 2023 yang berlangsung pada Juli lalu.

Mengenai harga tiket Livoli Divisi Utama 2023, PBVSI mematok harga tiket kisaran 50 ribu Rupiah hingga 100 ribu Rupiah. Harga tiket untuk pembukaan Livoli Divisi Utama 2023 dijual seharga 100 ribu Rupiah, babak reguler seharga 50 ribu Rupiah dan di babak final seharga 100 ribu Rupiah.

Mengenai batas pendaftaran pemain setiap klub, PBVSI memberi tenggat waktu hingga 31 Oktober mendatang. Sedangkan pengesahan pemain akan dilakukan pada 2 November. Setiap klub peserta akan mendapat subsidi 15 juta Rupiah untuk babak reguler dan 25 juta Rupiah untuk tim yang masuk grand final.

Juara bertahan di kategori putra Indomaret Sidoarjo akan mencoba merengkuh gelar ketiga sepanjang keikutsertaan di kompetisi ini. Sementara di sektor putri, sang juara bertahan Surabaya Bank Jatim dalam ambisi untuk melanjutkan dominasi dan memboyong gelar kesepuluh. Livoli Divisi Utama musim ini akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap, serta hadiah uang pembinaan total sebesar 460 juta Rupiah.