Sigi Maksimalkan Tiga Program Inovasi Percepatan Pembangunan

id bupati sigi

Sigi Maksimalkan Tiga Program Inovasi Percepatan Pembangunan

BUpati Sigi Mohammad Irwan Lapatta M.SI duduk berdampingan dengan Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag saat sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Sepakbola Desa Rarampadende, Dolo Selatan. (Muhammad Hajiji)

Saya dan Wakil Bupati Ibu Paulina mendorong tiga program inovasi untuk percepatan dan pemerataan pembangunan meliputi Sigi Religi, Sigi Hijau dan Sigi `Masagena'
Sigi,  (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memaksimalkan tiga program inovasi di daerah tersebut untuk percepatan pembangunan daerah serta pemerataan pembangunan.

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Minggu mengatakan ketiga program inovasi pemerintah kabupaten tersebut yaitu Sigi Religi, Sigi Hijau dan Sigi `Masagena`.

"Saya dan Wakil Bupati Ibu Paulina mendorong tiga program inovasi untuk percepatan dan pemerataan pembangunan meliputi Sigi Religi, Sigi Hijau dan Sigi `Masagena`," ungkap Bupati Mohammad Irwan Lapatta.

Kata Bupati Mohammad Irwan Lapatta Sigi Religi yaitu program pembinaan umat dan masyarakat meliputi semua agama yang ada di kabupaten tersebut untuk peningkatan karakter dan keimanan sesuai dengan keyakinan dan anjuran agaa masing-masing.

Ia menguraikan turunan dari program Sigi religi bagi umat Islam di kabupaten tersebut dikenal dengan sebutan Sigi mengaji dan bagi Agama Kristen dan agama lainnya dikenal dengan Sigi beribadah.

Program tersebut, sebut Bupati, akan masuk dan dilaksanakan disemua tingkatan jenjang pendidikan di Kabupaten Sigi, untuk membentuk karakter peserta didik dan membentuk mental yang berkualitas sesuai niai-nilai agama.

"Sasaran utama dari program ini yaitu peserta didik di sekolah-sekolah, kemudian akan masuk ke masyarakat melibatkan seluruh pemeluk agama dan setelah itu masuk di pemerintah agar karakter pemerintah juga harus terbentuk," ujarnya.

Selanjutnya program inovasi Sigi hijau yaitu upaya pemerintah untuk membangun kualitas lingkungan yang baik, yaitu dengan menyediakan ruang-ruang publik yang memiliki fungsi ekologis dan fungsi lainnya untuk masyarakat.

Pemkab Sigi, kata Bupati, juga mendorong program inovasi Sigi `masagena` yaitu upaya untuk membangun kemandirian ekonomi lewat industri rumah tangga yang mengarah pada ekonomi kerakyatan.

"Tiga program tersebut membutuhkan keterlibatan aktiv masyarakat dan pemerintah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk memaksimalkannya," katanya.