Bupati Harap KNPI Sukseskan Tiga Program Inovasi

id knpi

Bupati Harap KNPI Sukseskan Tiga Program Inovasi

Ilustrasi (antaranews)

KNPI sebagai lebaga kepemudaan diharapkan dapat bekerjasama menyatukan pandangan dan program untuk menyukseskan tiga program inovasi daerah, untuk kemajuan pembangunan daerah ini
Sigi, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berharap Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di daerah tersebut ikut ambil bagian dalam menyukseskan tiga program inovasi pemerintah untuk percepatan pembangunan daerah tersebut.

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta menyatakan di Sigi, Kamis, KNPI sebagai lembaga mitra pemerintah tempat berkecimpun para pemuda dari berbagai OKP perlu melibatkan diri dalam pembangunan daerah secara maksimal untuk menyukseskan tiga program inovasi.

"KNPI sebagai lebaga kepemudaan diharapkan dapat bekerjasama menyatukan pandangan dan program untuk menyukseskan tiga program inovasi daerah, untuk kemajuan pembangunan daerah ini," ungkap Bupati Iwan Lapatta.

Kata Bupati Irwan Lapatta dirinya bersama Wakil Bupati Paulina menggagas tiga program inovasi yaitu Sigi Religi, Sigi Hijau dan Sigi Masagena untuk pembangunan daerah tersebut.

Bupati menjelaskan Sigi Religi yaitu program pembinaan umat dan masyarakat meliputi semua agama yang ada di kabupaten tersebut untuk peningkatan karakter dan keimanan sesuai dengan keyakinan dan anjuran agaa masing-masing.

Ia menguraikan turunan dari program Sigi religi bagi umat Islam di kabupaten tersebut dikenal dengan sebutan Sigi mengaji dan bagi Agama Kristen dan agama lainnya dikenal dengan Sigi beribadah.

Program tersebut, sebut Bupati, akan masuk dan dilaksanakan di semua tingkatan jenjang pendidikan di Kabupaten Sigi, untuk membentuk karakter peserta didik dan membentuk mental yang berkualitas sesuai niai-nilai agama.

"Sasaran utama dari program ini yaitu peserta didik di sekolah-sekolah, kemudian akan masuk ke masyarakat melibatkan seluruh pemeluk agama dan setelah itu masuk di pemerintah agar karakter pemerintah juga harus terbentuk," ujarnya.

Selanjutnya program inovasi Sigi hijau yaitu upaya pemerintah untuk membangun kualitas lingkungan yang baik, yaitu dengan menyediakan ruang-ruang publik yang memiliki fungsi ekologis dan fungsi lainnya untuk masyarakat.

Pemkab Sigi, kata Bupati, juga mendorong program inovasi Sigi `masagena` yaitu upaya untuk membangun kemandirian ekonomi lewat industri rumah tangga yang mengarah pada ekonomi kerakyatan.

"Tiga program tersebut membutuhkan keterlibatan aktivitas masyarakat dan pemerintah melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, untuk memaksimalkannya," terangnya.