Siandiaga Uno optimistis pariwisata Kalbar tumbuh positif

id pariwisata kalbar,menparekraf,sandiaga uno,pariwisata tumbuh positif

Siandiaga Uno optimistis pariwisata Kalbar tumbuh positif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menutup Rapat Koordinasi Nasional Pemasaran Parekraf "Collaborative Marketing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dengan Dinas Pariwisata se-Indonesia" di Aula Kantor Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (24/2/2024). (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno optimistis sektor kepariwisataan di Kalimantan Barat dapat tumbuh positif, karena saat ini telah mampu masuk 10 besar Kharisma Event Nasional (KEN).

"Kalbar sudah mampu menembus TOP 10 Kharisma Event Nasional (KEN). Ini termasuk event besar yang dapat membuka peluang bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga saat menutup kegiatan Rakorbas Promosi Pariwisata se-Indonesia di Kota Singkawang, Kalbar, Sabtu.

Terkait hal tersebut, kata Sandiaga, pihaknya akan terus mendukung, termasuk KEN yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di Bengkayang (Ritual Nyobeng).

Dia menyatakan akan siap membantu untuk mengemas agar event tersebut dapat menambah jumlah wisatawan yang hadir.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi pertumbuhan pariwisata di Kalimantan Barat. Ia juga mengapresiasi Kalimantan Barat yang telah meluncurkan Kalender of Event Pariwisata tahun 2024.


"Selamat untuk Kalimantan Barat yang sudah meluncurkan kalender eventnya. Kami akan terus mengamplifikasi, promosi dan kurasi untuk meningkatkan ekonomi kreatifnya, karena ini merupakan wujud dukungan ekosistem parekraf terhadap ekonomi lokal," tuturnya.

Terkait ekosistem tersebut, dirinya melihat peluang besar dimiliki oleh Kota Singkawang yang bukan hanya memiliki karakteristik dalam hal pariwisata, juga kemudahan akses ke depannya dengan dibangunnya Bandar Udara Singkawang.

"Ekosistem akan diperkuat, bandara sudah ada yang akan dioperasikan. Kemudian akses jalan tol nanti akan terus dipelajari/traffic studi yang dapat memberikan data untuk kelayakan dalam membangun jalan tol, sehingga ini juga bisa dipertimbangkan bersama," katanya.

Ia berharap inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dari event pariwisata yang sudah dimiliki oleh Kalimantan Barat.

"Termasuk juga pengaturan travel pattern sehingga ke depan bisa dibuat pre event dan post event. Bisa kolaborasi dengan olahraga, seni budaya dan musik sehingga kunjungan wisatawan bisa lebih lama," kata Sandiaga.