Ini kiat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh

id Kolesterol, kolesterol baik, makanan sehat

Ini kiat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh

Ilustrasi hidangan nasi padang (Antara/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Kolesterol HDL (high-density lipoprotein), juga dikenal sebagai kolesterol baik, sangat penting untuk berfungsinya tubuh.

Diterbitkan laman Hindustan Times, Minggu (17/3), kolesterol HDL membantu dalam menyerap kolesterol dalam darah dan membawanya ke hati. Kolesterol HDL juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Ahli Nutrisi Anjali Mukerjee mengatakan perubahan menjadi gaya hidup sehat penting untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL.
"Perubahan sederhana namun sangat efektif ini dapat membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan," ujarnya.

Karena pentingnya untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh, Mukerjee merekomendasikan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti salah satunya berjalan kaki.

Gerakan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Berjalan kaki, atau bersepeda atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL.

Selain bergerak, konsumsi makanan yang sehat juga penting salah satunya mengonsumi asam lemak omega-3.

Ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Makanan yang mengandung asam lemak dan omega-3, antara lain Ikan berlemak, biji rami, biji chia, dan kenari harus dimasukkan dalam makanan.

Mukerjee juga mengatakan lemak tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Penting untuk mengganti lemak tidak sehat dalam makanan dengan lemak sehat. Lemak sehat bisa ditemukan pada alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ghee sapi.

Bagi yang memiliki kadar LDL tinggi, mengonsumsi karbohidrat olahan dalam roti putih dan pasta bisa jadi berbahaya karena dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

Mukerjee menyarankan sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman manis dan berbahan tepung guna meningkatkan kolesterol HDL.