Seri perdana kompetisi modifikasi BAB 2024 sukses digelar di Solo

id modifikasi mobil,blackauto battle

Seri perdana kompetisi modifikasi BAB 2024 sukses digelar di Solo

Kegiatan BlackAuto Battle 2024 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah. (ANTARA/BlackAuto Battle)

Jakarta (ANTARA) - Seri perdana dari kegiatan BlackAuto Battle (BAB) 2024 sukses digelar di kota Solo, Jawa Tengah, yang sekaligus merupakan tuan rumah bagi para delegasi dari Central Region.



"Seri pertama di Central Region yang mengambil lokasi Mangkunegaran Solo berlangsung sukses dan pecah. Semua slot peserta penuh dan ribuan pengunjung memenuhi pelataran venue Mangkunegaran Solo," kata Perwakilan Penyelenggara BAB 2024 Boy Prabowo melalui keterangan resminya, Kamis.



Pada tahun ini, kegiatan BlackAuto Battle 2024 terdapat penambahan kelas baru yang merupakan keinginan dari para peserta yang memiliki kendaraan berbasis diesel dan juga elektrik (EV).



Kendaraan dengan jenis tersebut saat ini memang sedang banyak digandrungi oleh pencinta otomotif dan hadirnya berbagai jenama yang memasarkan kendaraan EV juga semakin deras terlihat di tanah air.



"Ada sedikit perbedaan dibanding tahun lalu, tahun ini kita membuka kelas EV dan Diesel Modern yang memang sedang hype di dunia culture modifikasi,” ucap dia.



Dalam penilaiannya, pihak penyelenggara masih tetap menggandeng asosiasi APACT (Asia pacific Car Tuning Association) dalam merancang sistem penjurian untuk bisa memilih karya modifikasi terbaik di antara yang terbaik.



Meski begitu, kegiatan ini masih tetap mengusung konsep yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni mencari jawara di dua kategori, Culture dan Contest Car di masing-masing region untuk diadu di babak final battle.



Kategori Culture mewakili genre modifikasi simple, good looking dan fashionable. Sementara Contest Car mewakili genre yang lebih progressive.



"Juga seperti tahun sebelumnya, para peserta di masing-masing kategori (Culture dan Contest Car) akan saling berburu dan berebut tiket ke babak Final Battle yang akan berlangsung di Grand City Surabaya pada 9-10 November 2024 mendatang," jelas Boy.



Tidak hanya dalam memodifikasi kendaraan, kegiatan ini juga menghadirkan kompetisi kodifikasi audio melalui kelas-kelas yang tersedia seperti Black Out Loud SQ, SQL dan SPL.



Dalam penjurianya, kelas modifikasi audio ini akan mengandalkan sistem penjurian dari tiga asosiasi internasional di bidang car audio, yakni EMMA (Eropa), MECA (Amerika) dan CAN (Indonesia-Asia).



Selanjutnya juga ada BlackAuto Dynotest, yang merupakan ajang kompetisi modifikasi dengan menu paling lengkap di Indonesia. Bukan sekadar pelengkap, BlackAuto Dynotest menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh ribuan pengunjung yang hadir di BlackAuto Battle 2024 Central Region.