IOC undang 39 atlet Rusia dan Belarus untuk berkompetisi di Olimpiade

id IOC,Komite Olimpiade Internasional,Olimpiade Paris 2024,atlet Rusia dan Belarus

IOC undang 39 atlet Rusia dan Belarus untuk berkompetisi di Olimpiade

Logo Olimpiade terpasang di Menara Eiffel di Paris, Prancis. (ANTARA/Xinhua)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengundang 22 atlet Rusia dan 17 atlet Belarus untuk bertanding di Olimpiade Paris sebagai atlet netral meski beberapa sudah memutuskan untuk tidak ambil bagian.

Daftar nama-nama yang diizinkan berkompetisi dalam pesta olahraga yang akan digelar pada 26 Juli-11 Agustus itu mencakup atlet dari cabang olahraga tenis, menembak, dan dayung.

Daftar pertama, yang diterbitkan pada 15 Juni, dibatasi pada empat disiplin, yakni gulat, angkat besi, bersepeda, dan trampolin.

Sebanyak 18 atlet telah mengonfirmasi kehadiran mereka, yaitu tiga atlet sepeda, tiga atlet trampolin, dua atlet angkat besi, dan 10 atlet gulat.

Dua atlet dayung dan dua atlet anggar Belarus belum memberikan tanggapan mereka.



Ada ketegangan serupa di antara daftar atlet tenis yang dirilis pada Kamis (27/6). Petenis Rusia Daniil Medvedev dan Andrey Rublev, yang saat ini masing-masing berada di peringkat lima dan enam dunia, belum memberikan tanggapan resmi.

Hal yang sama berlaku untuk bintang tenis putri, duo Belarus juara Australian Open peringkat tiga dunia Aryna Sabalenka dan mantan peringkat satu dunia Victoria Azarenka.

Namun, presiden Federasi Tenis Rusia Shamil Tarpischev awal bulan ini mengatakan bahwa Rublev, peraih medali perak 2021 Karen Khachanov, serta peringkat 15 putri Liudmila Samsonova tidak akan bermain di Olimpiade.

Sabalenka juga mengatakan dia tidak akan ambil bagian di Olimpiade Paris.

"Apalagi dengan semua perjuangan yang saya alami dalam beberapa bulan terakhir, saya merasa harus menjaga kesehatan saya," kata Sabalenka pekan lalu, dikutip dari AFP, Jumat.

"Terlalu padat untuk jadwal saya dan saya membuat keputusan untuk menjaga kesehatan saya."

Untuk diundang ke Olimpiade sebagai "atlet individu netral," peserta pertama-tama harus memenuhi kriteria kualifikasi federasi masing-masing.

Kemudian mereka akan diperiksa atas indikasi apapun bahwa mereka mungkin mendukung perang di Ukraina atau memiliki hubungan dengan militer negara mereka.