KSPSI: Peningkatan Keterampilan Buruh Bisa Lewat BLK

id kspsi

KSPSI: Peningkatan Keterampilan Buruh Bisa Lewat BLK

KSPI (ist)

Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sulawesi Tengah Abdul Muin Pananrangi menyatakan peningkatan keterampilan bagi buruh sebaiknya melalui balai latihan kerja (BLK).

"Jika pemerintah menginginkan buruh maju maka harus diberikan pendidikan yang lebih baik, salah satunya melalu BLK,"katanya di Palu, Senin.

Menurut Muin, peringatan Hari Buruh saat ini merupakan momentum membangun komitmen untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan bagi buruh dan pekerja.

"Kalau ada anggota buruh di lapangan yang cuma tamatan SD, dibutuhkan komitmen pemerintah mengantisipasi hal itu," ujarnya.

Dia berharap ke depan ada kerja sama antara serikat pekerja dan dinas pendidikan untuk memberikan pendidikan keterampilan bagi pekerja di tempat kerja.

Dia juga berharap fungsi pengawasan yang saat ini di bawah tanggung jawab pemerintah provinsi lebih ditingkatkan lagi, termasuk mengawasi apa yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Koordinator Wilayah (Korwil) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Sulteng Karlan Ladandu bahwa buruh atau pekerja wajib untuk menambah ilmu dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan agar ke depan bisa sejahtera.

Menurut dia, buruh harus terus belajar dan memiliki keinginan menaikkan derajat mereka.

"Sebagian buruh menerima kehidupannya saat ini, yang penting dapat pekerjaan, sudah digaji baik kecil maupun besar tidak ada masalah. Pemikiran itu harus diubah," ujarnya.

Dalam setiap peringatan Hari Buruh, kata dia, tuntutan yang diajukan selalu persoalan kesejahteraan. Bagaimana buruh bisa sejahtera, bagaimana kondisi keluarga saat buruh sedang bekerja, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja ataupun jaminan hari tua. (skd)