Hal yang perlu diperhatikan saat gunakan kredit pemilikan kendaraan

id kredit kendaraan,kepemilikan kendaraan,giias 2024

Hal yang perlu diperhatikan saat gunakan kredit pemilikan kendaraan

Pengunjung melihat skema pembiayaan kredit kendaraan bermotor dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (25/7/2024). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww)

Jakarta (ANTARA) - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan layanan kredit pemilikan kendaraan, termasuk di antaranya perencanaan alokasi anggaran untuk angsuran bulanan.

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) Budi Setiawan mengemukakan pentingnya perencanaan anggaran untuk memastikan angsuran bulanan biaya kepemilikan kendaraan dapat dibayar tepat waktu.

Dalam acara bertajuk "Kupas Tuntas Miliki Kendaraan Aman dan Nyaman di GIIAS 2024" di Tangerang, Banten, Kamis (25/7), dia menyampaikan bahwa pengguna layanan kredit pemilikan kendaraan sebaiknya menghindari keterlambatan pembayaran angsuran.

"Yang harus dilakukan konsumen, kita harus buat anggaran bulanannya, pastikan setiap bulan angsuran itu harus bicara terbanyak, karena kalau kita bisa membayar angsuran tepat waktu, itu tentu akan meningkatkan score value," katanya dalam acara yang berlangsung di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024.

Budi mengatakan bahwa nilai skor konsumen penting untuk membangun reputasi dan meningkatkan kepercayaan perusahaan jasa keuangan terhadap konsumen, yang pada gilirannya akan memudahkan konsumen memperoleh kredit lain pada masa mendatang.



Budi menyampaikan bahwa konsumen yang mengajukan kredit pemilikan kendaraan sebaiknya mengikuti program asuransi jiwa dan asuransi kendaraan.

Menurut dia, program asuransi akan bermanfaat ketika mobil mengalami kecelakaan dan konsumen yang sedang dalam masa kredit meninggal dunia.

"Ada baiknya dari awal kita mempertimbangkan asuransi kendaraan supaya biaya-biaya enggak terduga akhirnya akan di-cover oleh asuransi, sehingga biaya cicilan kita tetap bisa lancar, termasuk juga asuransi jiwa," kata Budi.

Ia menyampaikan bahwa program asuransi kendaraan dan asuransi jiwa juga diperlukan untuk membantu masalah keuangan yang timbul akibat keterlambatan pembayaran atau beban utang.



Budi juga mengatakan bahwa konsumen yang hendak menggunakan layanan kredit pemilikan kendaraan bisa memanfaatkan program-program promosi yang ditawarkan di ajang pameran otomotif seperti GIIAS.

Dengan program-program promosi perusahaan di ajang pameran otomotif, konsumen bisa mendapat potongan harga kendaraan dan biaya cicilan ringan.

"Promo-promo ini bisa dimanfaatkan. Jadi, kalau mau beli kendaraan pada saat promo pasti dapatnya maksimal, sudah harganya murah, dapat promo asuransi dan promo lain-lain," kata Budi.

Selama GIIAS 2024, yang berlangsung dari 18 sampai 28 Juli, TAF menawarkan promosi kredit dengan bunga 0,67 persen, bebas biaya administrasi, serta tenor sampai enam tahun.