Bali perebutkan medali di lima cabang olahraga PON XXI wilayah Aceh

id KONI Bali, kontingen Bali, PON XXI, PON Aceh

Bali perebutkan medali di lima cabang olahraga PON XXI wilayah Aceh

Atlet asal Bali I Gede Agastya Darma Wardana merebut perak (kanan) setelah dikalahkan atlet Jawa Barat Rafi Fadilah pada cabang olahraga judo nomor +100 kilogram putra di Sport Center Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (12/9/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Bali dijadwalkan memperebutkan medali emas di lima cabang olahraga dari total 10 cabang olahraga yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Aceh untuk jadwal pertandingan Jumat (13/9).

Cabang olahraga judo berpotensi menyumbangkan empat medali emas oleh atlet yang masing-masing turun pada empat nomor pertandingan di Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Jumat.

Empat atlet judo itu yakni I Gusti Ngurah Laksmana Tresna Putra dan I Gusti Nyoman Agus Aprianto Edi Putra yang turun pada nomor nage no kata putra.

Kemudian pada nomor ju no kata putri, Bali menurunkan atlet Ni Made Sukerti dan Ni Nyoman Suwitri.

Selanjutnya, cabang olahraga panahan juga akan berebut medali emas pada nomor recurve beregu campuran yang akan dilaksanakan oleh atlet Gusti Fazli Kertinegoro dan Mirsa Veronica Sandy di Lapangan Panahan kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Selain itu, cabang olahraga petanque dijadwalkan memasuki babak penyisihan-final di Sport Center USK.

Kontingen Bali berpartisipasi pada empat nomor pertandingan yang berpotensi merebut medali yakni tunggal putra oleh Pasek I Wayan Astika Adi Parwa dan nomor ganda putri oleh Ni Putu Dia Permata Hati dan Ni Putu Swara Dewi Wulandari.

Selanjutnya, cabang olahraga senam kolam dijadwalkan berlangsung di Kolam Tirta Jaya, Kuta Alam, Banda Aceh yang akan memperebutkan medali emas pada babak penyisihan-final.

Kontingen Bali menurunkan 13 atlet senam kolam yang akan berlaga pada nomor apnea putra 50 meter oleh Putu Derico Carascya Putra Raharja, 50 meter apnea putri oleh Putu Grecia Wulan Kirani.

Kemudian nomor 800 meter permukaan putri oleh Aprillia Angel Fransisca dan 4x100 meter bifins putra oleh atlet Ida Bagus Ngurah Sudiksa, I Dewa Nyoman Kusuma Adiarta, I Gede Adhy Dharma Putra, Ida Bagus Made Dwijanata Manuaba, dan Putu Derico Carascya Putra Raharja.

Untuk nomor 4x100 meter bifins putri, Bali menurunkan Gusti Ayu Putu Putri Artasari, Luh Kade Dewi Rahayu, Ni Nyoman Bintang Windayani, Ni Putu Virna Berlliana dan Putu Widi Ananda Putri.

Cabang olahraga kelima dijadwalkan memperebutkan medali emas yakni menembak yang memasuki babak kualifikasi hingga final di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda Mata Ie, Banda Aceh.

Kontingen Bali menurunkan empat atletnya yakni Ida Ayu Risma Anjelina Putri, Kadek Dwi Putri Pertiwi dan Savitri Mirzaeila yang turun pada nomor 10 meter air rifle putri.

Untuk nomor 10 meter rifle putra oleh I Komang Windu Parmadhita.

Sedangkan lima cabang olahraga lainnya dijadwalkan memasuki semifinal untuk panjat tebing, penyisihan untuk paralayang dan dayung-rowing, selancar ombak untuk perempat final, dan cabang olahraga anggar.

Sementara itu, Kontingen Bali sudah menyabet total 53 medali pada klasemen sementara di wilayah Aceh dan Sumatera Utara yakni 15 medali emas, 15 medali perak dan 23 medali perunggu.