124 desa di Parimo terjangkau program Pamsimas

id PARIMO,Pamsimas,samsurizal

124 desa di Parimo terjangkau program Pamsimas

Bupati Parimo Samsurizal menyaksikan seorang warga membuka kran air usai penyerahan aset Pamsimas di Kecamatan Moutong, Kamis (25/1) (Antaranews Sulteng/Jeprin-Humas Pemkab)

Samsurizal: manfaatkan dan jaga dengan baik aset air bersih ini

Parigi (Antaranews Sulteng) - Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Timbolotutu meminta warga penerima bantuan program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di daerahnya agar memanfaatkan dan memelihara aset penting itu serta mengelola lingkungan untuk menunjang kesehatan lingkungan. 

"Keberhasilan program sarana air bersih dan peningkatan sanitasi lingkungan sangat tergantung kepada kepedulian dan peran serta masyarakat," kata Bupati Samsurizal ketika menyerahkan program Pamsimas di sejumlah kecamatan di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong, pada Rabu dan Kamis (24-25/1).  

Bupati juga berharap aset pamsimas dirawat agar sarana yang telah dibangun dengan anggaran yang besar tersebut dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang.  

"Saya minta sarana air bersih dan sanitasi ini dirawat. Karena kalau tidak dirawat, fasilitas yang telah dibangun ini akan rusak dan akhirnya mubazir,"tekannya.   

Ia menyebutkan program Pamsimas telah dilaksanakan sejak tahun 2008. Hingga saat ini total penerima program pemberdayaan itu sebanyak 124 desa dari total 278 desa. Jumlah jiwa yang telah mendapatkan akses air minum yang layak dan berkelanjutan sebanyak 111.533 jiwa dari total jiwa 186.853 jiwa atau sebanyak 27.565 kk dari total 45.772 kk.  

Ia juga meminta stakeholder terkait agar senantiasa melakukan pendampingan kepada desa-desa yang telah melaksanakan program pamsimas, sehingga program itu bisa berkelanjutan.  

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran mengemukakan dari segi pendanaan, Pamsimas adalah program yang penganggarannya dipikul APBN dan APBD. Total anggaran program pamsimas sejak tahun 2008-2016 yang bersumber dari APBD adalah sebesar Rp4 miliar dan anggaran yang bersumber dari APBN Rp20 miliar lebih. Selain itu, anggaran APBD juga membantu desa-desa pamsimas yang mengalami kerusakan jaringan akibat bencana.  

"Sejak tahun 2013-2015 terdapat 7 desa yang dibiayai langsung oleh anggaran APBD Kabupaten Parigi Moutong dengan total anggaran sebesar Rp744 juta," ungkapnya.  

Program Pamsimas yang diserahkan Bupati Samsurizal untuk dimanfaatkan warga dalam p[erjalanan dinas sejak Rabu hingga Kamis (24-25/1) yaitu Pamsimas Kecamatan Sidoan, Tinombo, Palasa, Tomini, Mepanga dan Moutong. (Jeprin/Humas Pemkab Parimo)