Pimpin apel di lokasi peti Dongi-Dongi

id apel,dongi-dongi, tnll,jusman

Pimpin apel di lokasi peti Dongi-Dongi

Kepala Balai Besar TNLL, Ir Jusman pimpin apel pagi di lokasi tambang emas Dongi-Dongi (Anas Masa)

Saya tahu tugas ini tidak mudah dan gampang. Tetapi pekerjaannya mulia , kata dia.
Palu,(Antaranews Sulteng) - Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu yang baru, Ir Jusman didamping Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang Teknis BBTNLL memimpin apel pagi di lokasi eks Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Dongi-Dongi, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

"Ini pertama kali dilakukan oleh Kepala Balai Besar TNLL yang baru," kata Kepala Bagian Tata Usaha BBTNLL Ir Periskila Sampeliling MSi di lokasi PETI Dongi-Dongi, sekitar 90an kilometer dari Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng, Selasa

Ia mengatakan kegiatan itu merupakan langkah awal dari beberapa agenda dan program kerja dari Balai Besar TNLL.

Sejak dilantik sebagai kepala balai besar, Ir Jusman memang telah merencanakan untuk melakukan sejumlah kegiatan antara lain mengunjungi lokasi objek wisata Telaga Tambing dan lokasi eks penambangan emas tanpa izin (PETI) yang semuanya berada dalam wilayah Dongi-Dongi, Kabupaten Poso.

 Di lokasi PETI Dongi-Dongi, Kepala Balai  Besar TNLL, Ir Jusman juga didampingi Kepala Bidang Teknis BBTNLL.

Dalam apel pagi yang juga diikuti sejumlah anggota Brimob Polda Sulteng dan unsur masyarakat mitra Polhut Balai Besar TNLL dan sejumlah tokoh masyarakat Dongi-Dongi, Kepala BBTNLL, Ir Jusman memberikan beberapa arahan dan menyemangati para petugas dalam  melaksanakan tugasnya di lapangan.

"Saya tahu tugas ini tidak mudah dan gampang. Tetapi pekerjaannya sangat mulia ," kata dia.

Dia juga berharap masyarakat mitra Polhut dan tokoh masyarakat Dongi-Dongi untuk bersama-sama menjaga lokasi ini, bukan hanya PETInya, tetapi juga hutan yang ada di sekitarnya.

Karena selain hutan merupakan sumber air untuk kelangsungan hidup manusia, tumbuh-tumbuhan dan satwa, juga ketika sudah rusak akan menimbulkan bencana alam.

Dan jika bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sampai terjadi, maka akan menimbulkan dampak cukup besar bagi semua pihak, termasuk masyarakat di sekitar kawasan ini ikut terkena dampaknya.

Karena itu, jangan ganggu hutan dan satwa yang ada di dalamnya. Begitu pula jangan lagi melakukan aktivitas menambang di lokasi eks PETI.

Sebagai jika sampai tertangkap, maka siapapun dia, pasti akan berhadapan dengan hukum. Dan jika sudah berhadapan dengan hukum, maka akan rugikan.

        Ka.Balai Besar TNLL, Ir Jusman tanam pohon di lokasi PETI Dongi-Dongi.(Anas Masa)
Usai memimpin apel, Kepala BBTNLL,Jusman bersama Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Teknis dan para tokoh masyarakat menanam sejumlah jenis pohon di lokasi PETI Dongi-Dongi.

Setelah usai penanam pohon, dilanjutkan dengan menimbun lubang-lubang tambang yang ada di lokasi PETI Dongi-Dongi.