Opick Tampil di Rusia Peringati Muharram

id opick, rsuia

Opick Tampil di Rusia Peringati Muharram

Opick (FOTO ANTARA/Teresia May)

Padang (antarasulteng.com) - Opick penyanyi lagu bernafaskan agama Islam sekaligus pencipta lagu akan tampil di Rusia untuk menghibur masyarakat dalam memperingati tahun baru Islam 1434 Hijriyah.

"Diundang masyarakat muslim di Rusia untuk tampil dalam memperingati tahun baru Islam," kata penyanyi bernama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus ketika peringatan Muharram di Padang, Rabu.

Menurut dia, setelah tampil di Padang, dia akan melanjutkan perjalan ke Padangpanjang untuk menghibur warga dalam memperingati tahun baru hijriyah di daerah itu.

"Besok akan tampil di Padangpanjang juga untuk menyanyikan lagu-lagu bernuansa Islami," katanya.

Dia mengaku ini perjalanan yang sangat melelahkan dalam memperingati tahun baru Islam. "Dua hari di Sumbar langsung berangkat ke Rusia untuk menghibur masyarakat muslim di sana," kata Opick.

Dia mengatakan, peringatan Muharam hendaknya menjadi momentum pembebasan diri dari semua perilaku jahiliyah, kebobrokan, kezaliman dan ketidakadilan.

"Muharam juga hendaknya menginspirasi kita semua untuk mengubah diri, keluarga, dan masyarakat ke arah hidup yang lebih positif dan konstruktif," katanya.

Menurut dia, pesan dan nilai moral yang terkandung dari momentum hijrah serta jejak yang ditinggalkan Rasulallah SAW di Madinah cukup memberikan pelajaran berharga, khususnya bagi umat Islam.

Di tengah berbagai himpitan persoalan dan tekanan politik pada masa itu, menuntut Rasulallah SAW harus melakukan langkah berani dengan melakukan hijrah bersama pengikutnya (kaum Muhajirin) dari Mekah ke kota Yatsrib.

"Dari sanalah kemudian disusun strategi pembangunan masyarakat beradab yang cukup mengagumkan di Jazirah Arab pada masa itu, bahkan diakui dunia hingga kini," katanya.

Peristiwa hijrah memiliki esensi untuk melakukan perubahan besar dalam kehidupan umat Islam saat itu. Perubahan yang membawa masyarakat dari zaman jahiliyah ke era kejayaan Islam. (Ant)