Bupati resmikan Dusun Karawasa Poso

id poso,dusun karawasa

Bupati Poso Darmin A Sigilipu mengecek kran air bersih pada perumahan nelayan Dusun Karawasa, Kelurahan Lawanga usai meresmikan dusun baru itu di Poso, Selasa (22/1) (Antaranews Sulteng/PPID Poso)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu meresmikan hunian rumah khusus hasil relokasi warga sekitaran bibir pantai Lawanga pada Selasa, 22 Januari 2019 yang diberi nama Dusun Karawasa.

Rumah khusus di Dusun Karawasa ini dibangun pada 2017 dan pada tahun 2018 melalui SNVT/SATKER Sulawesi Tengah menyerahkan bangunan tersebut kepada Pemerintah Daerah untuk dimanfaatkan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman sehingga sekitar bulan Maret 2018, Pemda berupaya untuk mengajak warga Lawanga Tawongan yang tinggal di bibir pantai Lawanga untuk pindah dan menghuni perumahan ini.

Pembangunan hunian abru ini merupakan langkah konkrit pemda poso mengantisipasi dampak bencana gelombang pasang dan untuk kepentingan pengembangan kota sekaligus mencegah terjadinya pembangunan rumah kumuh.

Setelah melalui beberapa upaya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang saat ini masih menjadi perhatian Pemerintah Daerah yang salah satunya diakibatkan oleh lahan yang sempit di daerah perkotaan maka Pemerintahan Daerah Poso di bawah kerpemimpinan Darmin-Samsuri berinisiatif untuk merelokasi perumahan di sekitaran bibir pantai Lawanga dan menyediakan hunian rumah khusus di dusun Karawasa.

Hunian yang diserahkan oleh SNVT/SATKER Sulteng ini sebelumnya tidak memenuhi prasarana dasar serta fasilitas-fasilitas umum sehingga pemda melengkapinya agar jadi layak huni  seperti sarana air bersih, sarana ibadah (Mesjid), penerangan lampu jalan serta beberapa sarana dasar laninya.

Kepala Dinas Perumahan & Kawasan Pemukiman Poso Faried Awad mengatakan saat ini pemerintah daerah juga berupaya untuk mengatasi masalah kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat atau yang lebih sering disebut dengan kondisi backlog.

Upaya tersebut dilakukan melalui subsidi rumah swadaya yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang memiliki rumah atau tanah tetapi tidak memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan renovasi ataupun pembangunan sehingga Pemerintah memberikan stimulus melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sebelum meresmikan hunian khusus Dusun Karawasa, Bupati Darmin mengemukakan bahwa rumah-rumah ini sengaja didesain sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan konsep rumah nelayan sehingga lokasinya pun sangat dekat dengan laut sebagai sumber utama mata pencaharian warga nelayan.

"Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk membangun dan menata Kabupaten Poso agar lebih maju sehingga masyarakatnya bisa merasakan langsung dampak-dampak pembangunan sebagai bukti keseriusan kami dalam memberikan sentuhan perubahan di seluruh wilayah Kabupaten Poso," katanya.
 

Bupati Poso Darmin A Sigilipu pada acara peresmian perumahan nelayan Dusun Karawasa, Kelurahan Lawanga Poso, Selasa (22/1) (Antaranews Sulteng/PPID Poso)

 

Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar