Sistem Operasi Mozilla Firefox Hadir Tahun Ini

id so, mozila firefox

Sistem Operasi Mozilla Firefox Hadir Tahun Ini

ilustrasi Mozilla, kreator Firefox, meluncurkan versi terbaru browsernya firefox 4 (ANTARA News/Lukisatrio)

Las Vegas (antarasulteng.com) - Pengembang aplikasi perambahan Internet Mozilla Firefox mengenalkan sistem operasi untuk ponsel pintar dalam Consumer Electronic Show (CES) 2013 di Las Vegas AS.

Sistem operasi itu ditujukan bagi perangkat-perangkat murah yang menggunakan prosesor single-core 800 MHz dan teknologi rendah.

Mozilla, sebut The Verge, ingin menampilkan layar pengguna antar-muka (user interface) dengan halaman depan terisi aplikasi-aplikasi favorit pengguna.

Berbeda dengan Android, sistem operasi Mozilla sepenuhnya berdasarkan HTML 5 karena aplikasi-aplikasi pendukungnya pun berupa website selain sejumlah aplikasi lain yang didapat dari mesin pencari (search engine optimizer).

Mozilla mengargetkan sistem operasinya dapat digunakan pada perangkat-perangkat canggih dari para pabrikan termasuk ZTE dan dipasarkan di negara-negara berkembang pada 2013.

Kepala Pengembang Mozilla, Christian Heilmann seperti dikutip CNET, mengatakan kehadiran Mozilla di sistem operasi ponsel pintar turut mengubah peta pengembangan aplikasi mobile dari para pengembang situs Internet.

"Pasar aplikasi sekarang seperti direktori lama Yahoo, di mana Google datang dan mengganggu. Ini (dampat OS Mozilla) akan seperti itu," kata Heilmann.

Sistem operasi Mozilla pada CES 2013 berbeda dengan OS Mozilla Boot to Gecko yang telah dikenalkan pada Februari 2012, demikian dikutip www.theverge.com.

(I026