Sekolah unggulan di Palu "diserbu" calon siswa baru

id PPDB

Sekolah unggulan di Palu "diserbu" calon siswa baru

Ilustrasi - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) (Ist)

Palu (ANTARA) - Sejumlah sekolah unggulan di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam beberapa hari ini "diserbu" calon siswa baru yang berasal dari berbagai sekolah di dalam maupun luar ibu kota provinsi itu.

Beberapa sekolah di Kota Palu, Kamis, yang banyak "diserbu" para calon siswa baru tahun ajaran 2019/2020 untuk mendaftarkan diri mereka adalah SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3.

Sejak hari pertama dibukanya penerimaan siswa baru hingga kini langsung dipadati para calon siswa yang datang dari berbagai penjuru kota di dalam wilayah Provinsi Sulteng maupun daerah-daerah tetangga seperti dari Provinsi Gorontalo Sulbar dan Makassar (Sulsel).

Bahkan, kebanyakan siswa baru ditemani oleh orang tua mereka.

Seperti yang diungkapkan Ny Dewi Lawata, orang tua dari salah satu calon siswa baru berasal dari Kabupaten Sigi. Ia mengatakan mendampingi anaknya mendaftar di salah satu SMA Negeri favorit yang ada di Palu karena khawatir tidak bisa masuk atau diterima di sekolah itu.

"Saya harus mendampingi anak saya untuk mendaftar di SMA Negeri 3 Palu,salah satu sekolah unggulan di Ibu Kota Provinbsi Sulteng yang setiap memasuki tahun ajaran baru selalu "diserbu" para calon siswa baru," jelasnya.

Dia mengemukakan calon siswa baru yang mendaftar setiap harinya di sekolah tersebut cukup banyak, sementara jatah penerimaan siswa baru dibatasi sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan ruangan belajar.

Namun demikian, Ny Dewi optimistis anaknya bisa lolos, sebab nilai ijazah anaknya terbilang sangat bagus.

Hal senada juga disampaikan Ny Ariska, salah satu orang tua siswa baru yang juga mendampingi anaknya untuk mendaftar masuk sekolah di Palu.

Ia sangat berharap putri tertuanya itu bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang diinginkan di Kota Palu.

Anaknya sudah mendaftar di SMA Negeri 3 Palu dan berharap bisa diterima.

SMA Negeri 3 Palu memang cukup terkenal dan menjadi sekolah unggulan yang banyak diserbu calon siswa baru. Sekolah yang terletak di wilayah Palu Selatan itu memiliki banyak prestasi baik dibidang akademik, olahraga, seni dan juga keterampilan.

Berbagai penghargaan telah diraihnya sekolah itu. Karenanya tidak heran jika sekolah tersebut setiap memasuki tahun ajaran baru dipastikan dipadati calon siswa baru yang tidak hanya berasal dari dalam Kota Palu, tetapi juga dari daerah lainnya, khususnya provinsi tetangga Sulteng yakni Gorontalo, Manado, Makassar dan Sulbar.

Sementara Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Palu, Triyono mengaku setiap tahun ajaran baru, sekolahnya dipastikan "diserbu" siswa baru dan rata-rata mereka didampingi orang tuanya.

Menurut dia, hal itu biasa karena orang tua ingin anaknya masuk sekolah favorit, padahal soal kualitas pembelajaranya sekolah lain tidak kalah baiknya.

Di sisi lain ada sekolah, termasuk negeri yang justru selalu kekurangan siswa karena kebanyakan melanjutkan pendidikan di sekolah tertentu.
 
Pewarta :
Editor : Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar