Deplu AS: Hubungan AS-Inggris lebih kuat daripada satu orang

id Inggris-AS,Kim Darroch,Theresa May

Deplu AS: Hubungan AS-Inggris lebih kuat daripada satu orang

Duta Besar Inggris Untuk AS Kim Darroch (kanan, berdasi biru) tiba di ruangan menjelang acara jumpa pers Presiden AS Donald Trump bersama Perdana Menteri Inggris Theresa May di Gedung Putih di Washington, AS, pada 27 Januari 2017. (REUTERS/Carlos Barria)

Amerika Serikat dan Inggris memiliki hubungan dekat yang lebih besar dari individu manapun dan kami berharap dapat melanjutkan hubungan tersebut.
Washington (ANTARA) - Amerika Serikat dan Inggris memiliki "hubungan spesial" yang lebih berarti dibandingkan dengan satu orang, kata Departemen Luar Negeri, Rabu (10/7).

Pernyataan itu dikeluarkan Deplu AS menyusul pengunduran diri duta besar Inggris di Washington setelah ia dihujani komentar pedas dari Presiden Donald Trump.

Baca juga: Trump: Wali Kota London "pecundang dingin"

"Amerika Serikat dan Inggris memiliki hubungan dekat yang lebih besar dari individu manapun dan kami berharap dapat melanjutkan hubungan tersebut. Kami tetap berkomitmen pada Hubungan Khusus AS-Inggris dan agenda global bersama kita," ujar juru bicara Departemen Luar Negeri.

Duta Besar Inggris untuk Amerika Serikat Kim Darroch pada Rabu mundur setelah memo darinya, yang menggambarkan bahwa pemerintahan Trump tak cakap, bocor ke surat kabar Inggris. Penilaian tersebut membuat geram presiden AS itu, yang lantas meluncurkan serangan di Twitter baik kepada utusan tersebut maupun Perdana Menteri Theresa May.

Trump mengatakan akan memutuskan hubungan dengan Darroch, yang "sangat dungu". Ia juga menyebut May "bodoh".

Darroch mengatakan situasi saat ini "membuat saya tidak mungkin untuk melanjutkan peran seperti yang saya inginkan."

Baca juga: Memo rahasia bocor, Menteri Inggris minta maaf pada Ivanka Trump

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar