Panen Rumput Laut Mukomuko Terlambat

id rumput laut, nelayan

Panen Rumput Laut Mukomuko Terlambat

(ANTARA)

tanaman rumput laut bantuan pemerintah setempat yang diserang hama.
Mukomuko (antarasulteng.com) - Pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengungkapkan tanaman rumput laut bantuan pemerintah setempat yang diserang hama sehingga pada 2012 belum bisa dipanen.

 Sesuai jadwal komoditas itu baru bisa dipanen pada sekitar bulan Februari atau Maret 2013.
        
"Sebanyak 1,5 ton bibit tanaman rumput laut bantuan pemerintah setempat tahun 2012, sebagian dari bantuan itu diserang hama ikan cabe cabe, namun telah tumbuh kembali,"  kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Edi Apriyanto, di Mukomuko, Minggu.
         
Meskipun telah tumbuh kembali, kata dia, namun butuh proses bagi tenaman itu untuk besar sehingga jadwal panennya yang sedikit terlambat sekitar satu hingga dua bulan lagi, dari jadwal semula awal sekitar bulan Februari dan Maret 2013.
         
Untuk itu, ia berharap, kelompok nelayan di Kecamatan Air Rami dan Ipuh, bisa bersabar menunggu rumput laut itu tumbuh besar untuk di panen.
         
Selanjutnya, kelompok nelayan gabungan dari Kecamatan Air rami dan Kecamatan Ipuh yang menerima bantuan itu yang harus menjaga tanaman rumput laut agar tidak dimakan hama lagi.
         
Ia menerangkan bahwa Kecamatan itu merupakan lokasi baru budi daya rumput laut, sebelumnya budi daya tanaman itu dilakukan di Kecamatan Air Rami.
         
Karena di Kecamatan Air Rami merupakan wilayah perlintasan perahu nelayan setempat sehingga dapat mengancam tanaman rumput laut, untuk itu dicarikan lokasi yang aman di Kecamatan Ipuh.
         
Meskipun dipindahkan, kata dia, namun kelompok nelayan di Kecamatan Air Rami tetap diberikan kesempatan melakukan aktivitas budi daya rumput laut bergabung dengan nelayan di Kecamatan Ipuh.