Pertukaran pelajar Sumut-Sulteng melalui Program SMN 2019

id siswa mengenal nusantara, smn 2019, bhun, bumn,smn 2019, ptp IV

Kabag SDM PTPN IV Budi Susanto menyematkan tanda peserta kepada salah seorang peserta SMN 2019. Sebanyak 35 siswa dari 33 kabupaten/kota di Sumut terpilih dalam program yang dilaksanakan pihak PTPN IV, PT KIM dan PT Jasa Tirta I guna mengenal budaya yang ada di Indonesia. (Antara Sumut/Irsan Mulyadi)

Program ini seperti pertukaran pelajar. Siswa Sumut nanti di Sulteng akan dikenalkan dengan berbagai budaya dan objek wisata di sana, demikian juga siswa asal Sulteng selama di Sumut juga akan dikenalkan dengan berbagai budaya dan objek wisata di sin
Medan (ANTARA) - Progam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019 oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dimotori PTPN IV, KIM, dan PT. Jasa Tirta I akan menukarkan pelajar Sumatera Utara dengan pelajar Sulawesi Tengah.

Kasubag Pengembangan SDM PTPN IV, Turino Januar Budyanto di Medan, Senin, mengatakan, Program SMN 2019 akan menukarkan siswa asal Sumut dengan siswa Sulawesi Tengah di mana mereka sebelumnya terpilih melalui berbagai seleksi yang digelar oleh dinas pendidikan setempat.

"Program ini seperti pertukaran pelajar. Siswa Sumut nanti di Sulteng akan dikenalkan dengan berbagai budaya dan objek wisata di sana, demikian juga siswa asal Sulteng selama di Sumut juga akan dikenalkan dengan berbagai budaya dan objek wisata di sini," katanya.

Program SMN 2019 di Sumut dimotori tiga perusahaan BUMN yakni PTPN IV, KIM, dan PT. Jasa Tirta I yang memfasilitasi siswa Sumut ke Sulawesi Tengah, sementara siswa Sulawesi Tengah berangkat difasilitasi PT, Inalum , BGR Logistic.

Siswa yang ikut Program SMN tahun ini sebanyak 35 orang termasuk dua siswa berkebutuhan khusus ditambah tiga orang guru pendamping, sementara siswa Sulawesi Tengah 23 orang termasuk 3 siswa berkebutuhan khusus dan tiga guru pendamping.

Siswa asal Sumut sebelum berangkat di Sulawesi Tengah, terlebih dahulu akan dibekali dengan berbagai materi seperti dunia jurnalistik, penulisan, foto dan video (Vlog) untuk media sosial sekaligus menggunakan akun media sosial.

"Mereka juga berlatih kesenian seperti tarian dan nyanyian. Siswa Sumut akan berangkat ke Sulawesi Tengah melalui Bandara Kuala Namu Kamis 15 Agustus sementara siswa asal Sulawesi Tengah sampai di Medan Rabu 14 Agustus 2019," katanya.

Siswa asal Sulawesi Tengah selama di Sumut akan mengikuti sejumlah agenda yang telah disiapkan sebelumnya seperti kunjungan ke Masjid Raya Al-Mashun, Istana Maimum, Rumah Kreatif BUMN Bank BTN Medan, kunjungan ke PT.KIM dan ke PTPN IV.

Mereka juga akan mendapat materi cegah tangkal radikalisme, kepemimpinan, outbound di Batalion Kaveleri, berkunjung ke kebun teh Sidamanik, Sekolah DELL di Balige, kunjungan warisan budaya di Tomok, kunjungan wisata alam mulai dari dermaga ke Batu Gantung Danau Toba.
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar