SMN Sulawesi Tengah belajar proses pengolahan kelapa sawit

id BUMN,BUMN Hadir Untuk Negeri,PTPN IV,SMN 2019,Kebun Adolina,Sulawesi Tengah,SMN Sulawesi Tengah

SMN Sulawesi Tengah belajar proses pengolahan kelapa sawit

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Tengah, mengunjungi pabrik kelapa sawit Adolina milik PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV), di Perbaungan Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin. (Antara Sumut/Septianda Perdana)

Kita beri mereka pemahaman tentang bagaimana buah kelapa sawit dikelola menjadi CPO
Medan (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Tengah mendapat pembelajaran mengenai proses pengelolaan kelapa sawit di PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Adolina, di Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin.

Para peserta dibimbing langsung oleh Manajer Kebun Adolina Noveri Idris Butar Butar, mengitari pabrik kelapa sawit Adolina. Mereka diperkenalkan dengan proses pengolahan kelapa sawit yang dimulai dari kecambah, penanaman sampai buah dikirim ke pabrik.

"Kita beri mereka pemahaman tentang bagaimana buah kelapa sawit dikelola menjadi CPO," kata Manajer Kebun Adolina Noveri Idris Butar Butar.

Ia berharap, melalui program yang diselenggarakan oleh PTPN IV, PT KIM dan Perum Jasa Tirta I ke Kebun Adolina ini, dapat menambah ilmu pengetahuan terhadap kelapa sawit.

Karena tujuan program ini sangat penting dan bagus bagi siswa-siswi yang mungkin belum begitu mengenal tentang pabrik kelapa sawit.

"Dan ini merupakan transfer knowledge bagi anak-anak yang pada saat ini ingin lebih banyak lagi tau tentang bisnis-bisnis yang dilakoni oleh BUMN. Ini sangat penting, agar mereka lebih mempersiapkan diri ke depannya," ujarnya.

Sementara itu, SMN 2019 ini diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua di antaranya siswa berkebutuhan khusus dan akan berangkat ke Sulawesi Tengah.

PIC dari Program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Co-PIC adalah PT. Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

Sedangkan siswa dari Sulawesi Tengah yang berangkat ke Sumatera Utara sebanyak 23 orang ditambah 3 guru pendamping yang dikoordinir PT Inalum bersama BGR Logistic.
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar