Operasi Patuh Tinombala, buat WP sadar pajak

id ops,sadar,pajak

AKP Hangga Utama Darmawan, Kasi STNK Subditregiden Ditlantas Polda Sulteng. (ANTARA/Sulapto Sali).

Semenjak adanya operasi, kalau hari biasa WP hanya dua ratusan, setelah ada operasi, kenaikan WP mencapai  lima ratusan yang melakukan kewajibannya

Palu (ANTARA) - Pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2019 oleh Kepolisian di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat wajib pajak (WP) sadar untuk membayar pajak.



“Semenjak adanya operasi, kalau hari biasa WP hanya dua ratusan, setelah ada operasi, kenaikan WP mencapai  lima ratusan yang melakukan kewajibannya,” kata AKP Hangga Utama Darmawan, Kasi STNK Subditregiden Ditlantas Polda Sulteng, di Palu, Jumat.



Tentunya, kata mantan Ps Kabag Ops Polres Palu ini, dengan naiknya para wajib pajak melakukan kewajiban pajak kenderaannya, akan berdampak pula pada pendapatan daerah, khususnya kota Palu.



“Memang semua kenderaan ada kenaikan, namun yang paling banyak dinominasi roda dua yang paling banyak wajib pajak,” jelasnya.



Dia katakan, dengan operasi Patuh ini wajib pajak yang selama ini lambat melakukan kewajibannya membayar pajak, bisa melakukan kewajibannya, diduga terjaring dalam operasi patuh yang dilaksanakan oleh kepolisian bersama pihak terkait.



“Iya, tentunya ada PNPB nya, karena mereka langsung membayar di sini (samsat) kan ada Bank, mereka juga membayar sesuai dengan kewajibannya. Ini juga menghindari terjadinya penyimpangan,” katanya.



Hangga menambahkan, terkait dengan pembayaran pajak kenderaan tahunan untuk wilayah Sulteng, pembayarannya bisa dilakukan di samsat, khususnya samsat kota Palu.


“Kalau ini untuk Sulteng bisa untuk notis pajaknya, tetapi hanya notis pajak tahunannya. Tetapi kalau pergantian SNTK lima tahun tetap harus datang ke samsat awal pembuatan STNK karena harus registrasi ulang,” jelasnya.
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar