Bupati Poso terima penghargaan dari OJK

id Bupati Poso,OJK Penghargaan

Bupati Poso terima penghargaan dari OJK

Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar, saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, pada acara Semarak UKM dan Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu (9/11). (Humas Poso)

Kami berharap dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada kepala daerah lainnya untuk terus memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat
Palu (ANTARA) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah dalam acara Semarak UKM dan Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu (9/11).

Acara yang berlangsung di Halaman Taman Gor Kota Palu itu juga dihadiri Gubernur Longki Djanggola dan sejumlah bupati. Bupati Darmin dinilai mampu mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan serta pemanfaatan fasilitas Kredit Ultra Mikro (UMi) kepada UKM dengan bobot penilaian tertinggi di Sulawesi Tengah.

Dalam rangka mendorong pengembangan keuangan inklusif di Sulteng, Kantor OJK Sulteng memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang memiliki kontribusi signifikan di bidang inklusi keuangan dan pengembangan UMKM.

Berdasarkan beberapa kriteria penilaian secara kuantitatif, Kabupaten Poso berhasil masuk dalam penilaian tertinggi se-Sulteng yang memenuhi kualifikasi untuk memperoleh penghargaan tersebut. 

Adapun indikator kriteria penilaian OJK terhadap penghargaan ini diantaranya pertumbuhan ekonomi, realisasi pertumbuhan kredit UMKM, dan realisasi pertumbuhan kredit usaha rakyat.

Kepala OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar, menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan dalam kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi SNKI dalam rangka memfasilitasi UKM terhadap kemudahan dalam memperoleh akses keuangan. 

Ia juga mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka bulan inklusi keuangan dan Hari Indonesia Menabung dimana Penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi OJK terhadap Kepala Daerah dalam mengaktualisasikan komitmen dan Kontribusinya guna meningkatkan ekonomi daerah, mendukung pemerataan akses keuangan serta pengembangan sektor unggulan daerah yang melibatkan kontribusi aktif UMKM.

“Kami berharap dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada kepala daerah lainnya untuk terus memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” terang Gamal. 

Baca juga: OJK: masyarakat waspadai pinjaman 'online'

Bupati Darmin menyampaikan terima kasih serta apresiasi terhadap OJK atas penilaian serta penghargaan yang diterimanya.

“Ini juga merupakan penghargaan bersama seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam proses pembangunan yang tengah kami galakkan saat ini,” katanya.

Selaku bupati, ia mengaku sejatinya keberhasilan yang diperoleh ini merupakan pendalaman keuangan yang muncul sebagai penegas bahwa pembangunan yang berkualitas pada sektor keuangan tidak hanya berfokus pada aspek kedalaman saja, namun juga menurutnya bergantung pada keterjangkauan serta efisiensi penyedia jasa keuangan. 

“Kami juga menyadari bahwa pendalaman keuangan seperti pertumbuhan industri jasa keuangan di Kabupaten Poso menjadi sangat penting," katanya.

Dia mengatakan peran sektor jasa keuangan sebagai sumber pembiayaan pembangunan maupun sistem pembayaran juga turut mendukung kegiatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Poso.

Terkait pemanfaatan fasilitas UMi, ia mengatakan dalam upaya pemerintah daerah mengembangkan UMKM dengan berbagai cara yang telah dilakukan, salah satunya juga ditempuh dengan pemanfaatan fasilitas kredit ultra mikro.

“Karena di era perdagangan bebas ini, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas negara seperti KUR, Kredit UMi atau semacamnya untuk membantu usaha sendiri," katanya. 

Selain menguntungkan bagi diri sendiri, membuat bisnis atau usaha sendiri juga tentunya akan meningkatkan produk dalam daerah.****
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar