PUPR akan gratiskan tol layang Japek saat libur Natal-Tahun Baru

id PUPR,Tol layang Japek,Natal dan Tahun Baru

PUPR akan gratiskan tol layang Japek saat libur Natal-Tahun Baru

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai melakukan Rapat Dengar Pendapat di Komisi V DPR di Jakarta, Senin (2/12/2019). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jalan tol akan membantu banyak. Elevated Cikampek akan kita buka 15 Desember, berlaku gratis sampai libur habis sesuai aturan, saya ikuti saja. Dan hanya untuk golongan satu, kendaraan yang kecil-kecil saja

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek II) pada 15 Desember dan berlaku gratis hingga libur Natal dan Tahun Baru 2019-2020 usai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin mengatakan bahwa kebijakan itu diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan saat libur Natal dan Tahun tahun Baru.

"Jalan tol akan membantu banyak. Elevated Cikampek akan kita buka 15 Desember, berlaku gratis sampai libur habis sesuai aturan, saya ikuti saja. Dan hanya untuk golongan satu, kendaraan yang kecil-kecil saja," katanya.

Ia menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) agar kebijakan itu dapat dimonitor dan berjalan dengan tertib.

"Jalan tol layang Japek itu akan diatur Korlantas," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR menyatakan target operasional Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated tetap berjalan sesuai rencana pada saat liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Danang mengatakan bahwa saat ini tinggal mendorong untuk melakukan pra uji laik fungsi (ULF), kemudian kontraktor proyek tol tersebut berjanji pada akhir bulan ini yakni awal pekan keempat konstruksi sudah selesai.

"Jadi setelah kontraktor selesai, tinggal serah terima pekerjaan sementara atau provisional hand over (PHO) kepada badan usaha. Setelah serah terima, kita melakukan uji layak fungsi," katanya.

Mudah-mudahan, lanjutnya, dalam satu atau dua pekan uji layak fungsi sudah selesai dan bisa dioperasikan mungkin sekitar tanggal 15 Desember atau pekan ketiga, yang jelas sebelum libur Natal dan Tahun Baru.