Menlu Retno panggil dubes Iran dan AS terkait konflik kedua negara

id Konflik Iran AS, Qasem Soleimani, menlu ri retno marsudi

Menlu Retno panggil dubes Iran dan AS terkait konflik kedua negara

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan sambutan dalam Perayaan Natal Kemlu RI di Jakarta, Senin (6/1/2020). (Kemlu RI)

Kita berharap masing-masing pihak dapat menahan diri secara maksimal agar tidak terjadi eskalasi konflik lebih lanjut
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memanggil Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad dan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr. pada Senin sore, terkait ketegangan antara kedua negara.

Saat menyampaikan sambutan dalam Perayaan Natal Kemlu RI, Senin malam, Menlu Retno menyatakan bahwa pemanggilan dubes Iran dan AS penting untuk menyampaikan pesan perdamaian dan bahwa penyelesaian perbedaan dengan cara kekerasan tidak menguntungkan bagi siapapun.

"Kita berharap masing-masing pihak dapat menahan diri secara maksimal agar tidak terjadi eskalasi konflik lebih lanjut," kata Retno.

Jika terjadi eskalasi konflik antara Iran dan AS, menurut dia, akan menimbulkan ketidakstabilan di kawasan Timur Tengah yang kemudian berdampak ke seluruh dunia---terlebih kondisi ekonomi global sudah cukup tertekan tanpa ada konflik baru.

Secara khusus Menlu Retno juga menyampaikan bahwa terkait Timur Tengah, Indonesia memiliki kepentingan langsung untuk melindungi jutaan WNI yang tinggal, hidup, dan bekerja di kawasan tersebut.

Karena itu, memburuknya situasi di Timur Tengah pasti akan berdampak pada masyarakat Indonesia di kawasan itu.

"Sebetulnya pesan ini bukan yang pertama kali kita sampaikan karena sebelumnya sudah ada rilis setelah peristiwa itu terjadi, tetapi sekarang ada baiknya saya mengirimkan pesan secara langsung agar para dubes kemudian melaporkan kepada ibu kota masing-masing," kata Retno.

Ketegangan antara Iran dan AS kembali meningkat setelah komandan Pasukan Quds, sayap Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani terbunuh akibat serangan udara militer AS di Bandara Internasional Baghdad, Irak, pada Jumat (3/1).

Presiden AS Donald Trump, yang memerintahkan serangan udara tersebut dan mengancam akan menyerang 52 sasaran di Iran jika negara itu menyerang orang Amerika atau aset AS sebagai balasan atas kematian Soleimani.

Di sisi lain, Iran mengecam tindakan Trump dan menyebutnya sebagai "teroris berdasi".

Menyebut pembunuhan Soleimani "sama saja dengan perang", Iran berjanji akan melakukan serangan balasan. Iran juga tidak lagi mematuhi semua pembatasan yang diterapkan dalam kesepakatan nuklir pada 2015.

Baca juga: Pejabat AS: pasukan rudal Iran pada kondisi siaga tinggi
Baca juga: Presiden Irak desak Iran agar menahan diri
Baca juga: Jika Iran serang warga negara AS, Trump janji akan serangan balik
Baca juga: Erdogan: Irak jadi zona perang antara AS-Iran dapat rusak stabilitas