Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai disuntik vaksin sinovac untuk pencegahan penularan COVID-19 di daerah itu.

"Pegawai yang tidak memiliki riwayat penyakit bawaan seperti jantung, paru-paru, ginjal dan diabetes wajib mengikuti vaksinasi," ucap Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Sigi, Anas Yalitoba, di Sigi, Senin.

Sasaran vaksinasi cegah COVID-19, saat ini ditujukan kepada Dinas Kominfo Sigi. Anas Yalitoba menjadi orang pertama di dinas itu yang disuntikkan vaksin snovac.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap ASN Dinas Kominfo Sigi, dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Dolo, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Kata Anas Yalitoba, vaksinasi pencegahan COVID-19 harus dan wajib diikuti oleh ASN di dinas yang dipimpinnya, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19.

"Vaksinasi ini sangat penting terutama untuk pegawai yang bertugas di lapangan untuk meliput kegiatan maupun kegiatan lainnya," kata Anas.

Langkah ini sebagai ikhtiar untuk memiliki kekebalan terhadap COVID-19 tanpa terinfeksi sehingga diharapkan seluruh pegawai dapat mengoptimalkan kinerja selama masa pandemi.

Anas mengimbau kepada seluruh pegawai agar tetap menerapkan protokol kesehatan baik di lingkungan kantor atau di rumah. Ia berharap vaksin yang disuntik ke tubuh, dapat membentuk kekebalan sehingga golongan yang tidak bisa mendapatkan vaksin otomatis dapat terlindungi.

“Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan Covid-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala," kata dia.*

Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024