Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura terus berusaha keras melawan dan melindungi masyarakatnya dari penularan COVID-19 di daerah itu dengan melakukan beberapa langkah kongret.

Dalam rangka mempercepat dan mitigasi COVID-19, Gubernur Sulteng didampingi staf khusus M. Ridha Saleh ingin pada Minggu (18/7) di kediamannya, mendengarkan langsung laporan Direktur RS Anutapura drg. Herry Mulyadi terkait perkembangan dan langkah strategis penanganan COVID-19 di Kota Palu. 

Dalam kondisi isolasi mandiri Guberur Rusdy Mastura tetap bekerja memastikan penanganan COVID-19 berjalan dengan baik dan efektif sesuai rencana kerja termasuk langkah-langkah yang akan disiapkan dan dilakukan jika COVID-19 meningkat tajam di Sulteng.

Gubernur mengingatkan agar  wali kota  Palu dan bupati se Sulawesi Tengah  sedini mungkin menyiapkan langkah-langkah termasuk kesediaan anggaran untuk kesiapan ruang perawatan, kesiapan dan perlindungan  dokter dan perawat, serta logistik seperti APD, oksigen, obat-obatan, dan penambahan peralatan, ventilator.

Selain itu gubernur juga meminta agar menyiapkan insentif tenaga medis dan relawan serta melakukan persiapan koordinasi pengamanan dan peningkatan protokol kesehatan.

Di samping itu gubernur juga meminta dan menghimbau warga Sulteng untuk tetap menatuhi dan disiplin menjalankan prokes.

Namun demikian gubernur juga tetap memperhatikan stabilitas ekonomi agar tetap tumbuh dan berjalan normal.

Gubernur meminta kepada warga khususnya para petani dan UMKM untuk segera memanfaatkan KUR dari BRI yang sudah ditandatangani melalui MoU antara pemda dan BRI agar perekonomian rakyat tetap terjaga dan stabil.

Dalam waktu dekat Gubernur akan melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh bupati dan wali kota se Sulawesi Tengah untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19, bahkan juga akan menggagas pertemuan gubernur se Sulawesi.

Pewarta : Adha Nadjemuddin
Editor : Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2024