Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menghadirkan pasar bergerak "Gade Nalumako" sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat setempat memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau.
 
"Program pasar bergerak ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Palu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kota Palu," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagind) Kota Palu Zulkifli di Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan bahwa program ini hadir untuk memberikan pelayanan langsung ke masyarakat di beberapa kelurahan yang memiliki akses cukup jauh, dengan membawa kebutuhan pokok yang dijual dengan harga terjangkau.
 
Menurut dia, pasar murah bergerak ini juga untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok dan mengendalikan inflasi di daerah ini.
 
"Melalui pasar bergerak, kami ingin meringankan beban warga dalam membeli harga bahan pokok seperti di daerah Kelurahan Mamboro, Kecamatan Tawaeli, yang cukup jauh jaraknya untuk mengakses pasar murah," katanya.
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengunjungi setiap kelurahan di kota ini dan menjual kebutuhan pokok dengan harga distributor, serta memberikan subsidi bagi warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Hingga saat ini, kata dia, pasar bergerak ini sudah beroperasi pada empat kecamatan. Pihaknya menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, dan telur.
 
"Untuk segmen nonsubsidi, masyarakat masih bisa membeli dengan harga murah karena merupakan harga langsung dari distributor. Masih ada sedikit perbedaan dengan harga di pasar," ujarnya.
 
Ia menambahkan bahwa Disperdagind Kota Palu juga akan rutin melalui survei di setiap kelurahan guna menyesuaikan pasokan komoditas yang dibutuhkan masyarakat pada setiap kelurahan.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024