Palu (ANTARA) - Calon Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid akan membangun taman baca masyarakat (TBM) di setiap kelurahan di Kota Palu sebagai upaya pemerintah meningkatkan minat baca para pelajar.

"Kurangnya minat baca di kalangan anak-anak mendorong saya untuk membangun TBM, kata Hadianto Rasyid menanggapi keluhan masyarakat di Jalan Jamur Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Jumat malam (18/10). 

Hadianto mengatakan di periode kedua, ada program pembangunan taman literasi di setiap kelurahan berkolaborasi dengan warga yang paham di bidang pendidikan.

"Warga bisa berkolaborasi pada program taman literasi tersebut dan soal pengadaan buku dan lain-lainnya akan di back up oleh pemerintah,” sebut Hadianto. 

Menurut Hadianto alokasi anggaran 20 persen untuk pendidikan belum mampu memenuhi seluruh keinginan masyarakat sebab sebagian besar alokasi anggaran digunakan untuk biaya operasional. 

"Sebagian lagi digunakan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan, kalau pendapatan asli daerah bagus dan bisa terus meningkat, Insya Allah urusan pendidikan bisa kita optimalkan,” terangnya.

Sementara itu salah seorang warga Mas’amah Mufti mengemukakan di Jalan Jamur masih banyak anak-anak yang putus sekolah karena faktor ekonomi menjadi salah satu penyebabnya.

“Anak-anak itu ingin sekali sekolah tapi kenyataannya tidak bisa, kami harap pak Hadianto bisa memberikan solusi terkait hal ini,” ucap Mas'amah. 


Pewarta : Kristina Natalia
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024