Parigi (Antaranews Sulteng) - Pasangan calon nomor urut 1 Samsurizal Tombolotutu/Badrun Nggai (Sabar) mengklaim menang dan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh rakyatnya yang telah memenangkan dirinya di Pilkada Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menurut hasil hitungan sementara oleh timnya.

"Kemenangan ini, kemenangan rakyat Parigi Moutong dan kemenangan ini juga diraih berkat kerja rekan-rekan tim sukses dan tim pendukung lainnya," kata Samsurizal di hadapan sejumlah wartawan di Sekretariat Sabar, Rabu malam.

Sesuai perhitungan sementara menurut versi tim pasangan nomor urut satu itu, ia memimpin dengan perolehan 52.445 suara atau 41.11 persen, pasangan nomor urut 2 Erwin Burase/Rahmawaty M Nur (Era Baru) sebanyak 26.684 suara atau 22.64 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 3 Amrullah Almahdali/Yufni Bungkundapu (Amin) sebanyak 39.765 suara atau 33.45 persen.

Dari 23 Kecamatan, pasangan Sabar yang juga merupakan petahana meraih kemenangan di 18 Kecamatan di Parigi Moutong pada Pilkada Serentak 2018 di kabupaten itu, sementara sebagian wilayah Parigi pasangan nomor urut 1 itu dikalahkan dua kandidat lainya.

Menurutnya, persaingan di pesta demokrasi seperti ini merupakan hal biasa, sehingga tidak ada perselisihan yang terlalu lama sehingga bisa berpotensi menimbulkan perpecahan.
"Insya Allah selama lima tahun ke depan kami akan jawab harapan-harapan masyarakat, walaupun kita tahu bahwa tidak mungkin kita bisa jawab dengan sempurna, tetapi kita akan berupaya semua yang kita janjikan kepada masyarakat," katanya.
 
Sementara pasangan nomor urut 2 Erwin Burase  menyatakan dirinya siap menerima siapa saja yang nanti terpilih sebagai pemenang Pilkada di Kabupaten itu.

Hitungan sementara oleh timnya, pasangan nomor urut dua itu berada di posisi ketiga  dan hingga saat ini pihaknya masih menunggu hingga hitungan sementara mencapai 100 persen.

"Apapun keputusannya nanti, kami pasangan nomor urut dua menerima seandainnya nanti ada salah satu kandidat selain kami menang pasti kami beri ucapan, tetapi saat ini kami mash tetap menunggu hasil," ungkap mantan anggota DPRD Sulteng ini.

Saat wartawan berusahan mengkonfirmasi mengenai hasil hitungan sementara, tim pasangan nomor urut 3 Amin belum mau memberikan keterangan lebih jauh, sebab proses penghitungan suara sementara masih berjalan.
     
Tetapi, salah satu tim anggota tim pasangan Amin mengaku kandidatnya unggul berdasarkan hitungan sementara menurut versi mereka.

Pewarta : Moh. Ridwan
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024