Sigi (Antaranews Sulteng) – Pemerintah Kabupaten Sigi, Senin, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Dolo, berupa 17 unit alat pertanian dan satu unit jonder yang berasal dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Kecamatan Dolo sendiri memiliki lahan persawahan seluar 1100 hektar. Dari hasil evaluasi yang dilakukan Staf Ahli Menteri Pertanian, ternyata Kecamatan Dolo berada pada posisi target 1300 ton untuk luas tanam sekitar 650 hektar.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, mengatakan, diserahkannya bantuan alsintan tersebut merupakan bukti nyata keberpihakan pemerintah kepada petani, sekaligus sebagai upaya mendukung kelancaran pengolahan sehingga produksi pertanian dapat ditingkatkan secara berkelanjutan.

"Bantuan yang diberikan ini dapat menjadi sumber motivasi bagi petani untuk bekerja lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian, demi terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten Sigi,” harap bupati.

Kepada kelompok tani yang diberikan bantuan, diharapkan agar dapat memanfaatkan, menggunakan serta memeliharanya dengan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sigi, khususnya para petani.

Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae mengatakan, pihaknya juga akan selalu mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan pemberian bantuan kepada kelompok tani. 

"Tentu bantuan yang diberikan ini harus ditunjang oleh segala aspek, khususnya bagi para PPL agar membuat jadwal tanam yang benar, agar hama tikus tidak berkeliaran dari lahan satu ke lahan yang lain sehingga hasil panen bisa meningkat. Demikian pula hal lain yang sifatnya mengganggu pertanian masyarakat,” kata Rizal. 

Pewarta : Fauzi
Editor : Adha Nadjemudin
Copyright © ANTARA 2024