Pemkab Parigi Moutong bertekad tingkatkan konsumsi ikan

id Perikanan parimo, gemar makan ikan, konsumsi ikan, parigi moutong

Pemkab Parigi Moutong  bertekad tingkatkan konsumsi ikan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Parigi Moutong, Efendi Batjo. (ANTARA/Moh Ridwan)

Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah bertekad ingin meningkatkan konsumsi ikan per kapita per tahun di kabupaten itu melalui program gemar makan ikan.

"Gemar makan ikan adalah program pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan nasional yang di topang oleh daerah," kata Kepala Dinas Perikanan Parigi Moutong, Efendi Batjo di Parigi, Kamis.

Efendi memaparkan, rata-rata konsumsi ikan nasional ditarget Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sekitar 59 kilogram per kapita per tahun dan hingga 2019 Parigi Moutong masih sekitar 52 kilogram per tahun.  Oleh karena itu  dengan berbagai upaya dilakukan Dinas Perikanan setempat terus mengampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat agar bisa mencapai angka rata-rata nasional.

Salah satu kampanye tersebut yakni lewat sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan kandungan gizi yang ada pada ikan, baik itu air tawar maupun ikan air asin.

Padahal Parigi Moutong salah satu kabupaten yang potensial pengembangan sektor budi daya perikanan dan sektor perikanan tangkap karena didukung garis pantai yang cukup luas sekitar 472 kilometer yang berada di dalam kawasan Teluk Tomini dengan jumlah nelayan 9.000 orang.

"Belum tercapai rata-rata konsumsi ikan Parigi Moutong karena masyarakat belum memahami kandungan gizi yang ada pada ikan. Jika dibandingkan dengan daging, kandungan gizi ikan jauh lebih tinggi," ujar Efendi.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parigi Moutong ini menjelaskan, intervensi pemerintah selain sosialisasi juga memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara membuat makanan berbahan baku ikan untuk dijadikan makanan olahan sehingga penyajiannya bervariasi guna menambah selera makan khususnya pada anak.

"Sejak dini sebisa mungkin anak sudah harus mengonsumsi ikan yang dikemas dalam bentuk makanan olahan agar mereka tidak jenuh, di samping itu program gemar makan ikan sebagai salah satu upaya pemerintah memperbaiki kualitas generasi penerus bangsa," kata dia.

Parigi Moutong dijadwalkan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-40 dirangkaikan dengan Hari Ikan Nasional pada Oktober 2020.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar