Bolsonaro pecat Menkes, karena menentang rekomendasi pakar kesehatan

id Brazil,Jair Bolsonaro,Corona,COVID-19,Pemecatan Menteri Kesehatan,Luiz Henrique Mandetta

Bolsonaro pecat Menkes, karena menentang rekomendasi pakar kesehatan

Archbishop Rio de Janeiro Dom Orani Tempesta membawa monstran di patung Christ the Redeemer saat acara Minggu Paskah, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (12/4/2020). (REUTERS/RICARDO MORAES)

Kita harus kembali normal, tidak secepat mungkin, tetapi kita harus mulai memiliki fleksibilitas
Brasilia (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro memecat menteri kesehatannya pada Kamis setelah berselisih dengannya tentang bagaimana cara memerangi virus corona baru, dan sekali lagi menyerukan negara- bagianuntuk mengakhiri perintah tetap di rumah yang katanya merugikan perekonomian.

Beberapa pemimpin global telah melakukan lebih dari Bolsonaro untuk mengecilkan pandemi, yang telah menewaskan hampir 2.000 orang di Brazil. Dia menyebut virus itu "flu ringan" dan mengkritik gubernur negara bagian karena memaksakan pembatasan yang didukung oleh para ahli kesehatan dan menteri yang sedang populer, Luiz Henrique Mandetta.

Dalam pidato yang disiarkan televisi yang disambut dengan protes keras memukul panci di beberapa kota besar, Bolsonaro mengatakan Mandetta tidak sepenuhnya menghargai perlunya melindungi pekerjaan dan dia menyerukan dimulainya kembali bisnis di Brazil, ekonomi terbesar di Amerika Latin.

"Kita harus kembali normal, tidak secepat mungkin, tetapi kita harus mulai memiliki fleksibilitas," kata Bolsonaro. Pemerintah tidak dapat memberikan bantuan darurat untuk orang miskin lebih lama lagi, katanya.

Perselisihan di tingkat tertinggi politik Brazil itu terjadi bertepatan dengan beberapa negara berdebat kapan dan bagaimana kehidupan harus mulai kembali normal setelah penguncian virus corona, yang diperkirakan akan mendorong ekonomi global ke dalam resesi.

Para gubernur di Amerika Serikat telah membentuk koalisi regional untuk mulai mempertimbangkan rencana untuk membuka kembali ekonomi mereka, memicu perselisihan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, sekutu Bolsonaro, yang ingin melihat penguncian dicabut lebih cepat.

Tetapi sementara ada tanda-tanda bahwa wabah telah memuncak di Amerika Serikat, para ahli medis setuju bahwa puncak di Brazil masih beberapa minggu lagi dan masih terlalu dini untuk mengakhiri jarak sosial.

"Jangan berpikir kita telah melewati puncak dalam perkembangan virus. Sistem kesehatan masih belum siap untuk akselerasi," Mandetta memperingatkan dalam komentarnya di kementerian.

Menteri Baru Berjanji Tidak Membuat Perubahan Segera

Sementara Bolsonaro dengan tajam mengkritik penguncian itu, Kementerian Kesehatan di bawah Mandetta memberikan panduan yang mendukung langkah-langkah jarak sosial. Pengarahan harian Mandetta juga bertentangan dengan pujian Bolsonaro atas obat-obatan yang tidak terbukti.

Menteri yang baru Nelson Teich, yang ditanyakan dalam konferensi pers tentang posisi kementerian sekarang setelah dia mengambil kendali penuh, mengatakan tidak akan ada "perubahan mendadak" dalam kebijakan.

Namun, dia menambahkan: "ada keselarasan menyeluruh antara saya dan presiden."

Teich, yang mendirikan kelompok onkologi yang dijual ke United Healthcare pada 2015, tidak memiliki pengalaman politik seperti pendahulunya, seorang mantan anggota parlemen yang mulai mengungguli Bolsonaro.

Popularitas Boslonaro telah merosot dan dia menghadapi protes malam dari warga Brazil yang memukul panci dari jendela mereka memprotes penanganan wabah.

Selain protes harian setiap pukul 20:30 pada Kamis, orang-orang juga secara spontan mulai memukul peralatan masak ketika Bolsonaro mengumumkan pemecatan Mandetta.

Respons Kementerian Kesehatan terhadap epidemi tersebut dinilai "baik" atau "hebat" oleh 76% orang Brazil yang disurvei oleh jajak pendapat Datafolha. Hanya 33% dari mereka yang disurvei memberi peringkat yang sama kepada Bolsonaro.

Senator Mayor Olimpio, mantan tangan kanan Bolsonaro di Kongres, memuji Mandetta karena berpegang teguh pada prinsip-prinsip ilmiah dalam krisis kesehatan masyarakat dan mendesak menteri baru itu untuk membela perlunya tindakan isolasi.

"Teich telah mempertahankan jarak sosial. Jika dia bertahan dalam hal ini, dia akan memiliki masalah serius dengan Presiden Bolsonaro dan tidak akan bertahan selama 30 hari di kantor, atau dia harus mengabaikan gelarnya dan menentang seluruh komunitas ilmiah global," kata senator sayap kanan itu dalam sebuah video yang diunggah di media sosial.

Penyebaran virus corona di Brazil telah meningkat menjadi 30.425 kasus yang dikonfirmasi, dengan sekitar 200 kematian per hari sehingga menjadikan jumlah kematian menjadi 1.924 pada Kamis, menurut data Kementerian Kesehatan, yang tertinggi di Amerika Latin.

Sumber: Reuters