Universitas Tandri Abeng Sosialisasikan Beasiswa Cerdas Sulbarku

id tau, tanri

Universitas Tandri Abeng Sosialisasikan Beasiswa Cerdas Sulbarku

ILustrasi (tau.ac.id)

Mamuju,  (antarasuteng.com) -  Universitas Tanri Abeng atau Tanri Abeng University (TAU) sosialisasikan Beasiswa Cerdas Sulbarku tahun 2015 sebagai rangkaian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

"Universitas Tanri Abeng ini merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh pengusaha dan mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan, Tanri Abeng. Pemprov Sulbar menyambut baik atas kerjasama progra beasiswa cerdas Sulbarku," kata Wakil Gubernur Sulbar, Ir.Aladin S Mengga saat menyampaikan sambutannya dalam acara sosialisasi yang dilaksanakan di kantor gubernur setempat, Rabu.

Aladin mengatakanm sesuai dengan amanat konstitusi UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan sehingga investasi yang dilaksanakan TAU patut diberikan apresiasi yang tinggi.

"Sangat jelas dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional  Pasal 4 dan prinsip penyelenggaran pendidikan Ayat 6, bahwa pendidikan diselengarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelengaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan," ujar Aladdin S Mengga.

Karena itu kata dia, Pemprov Sulbar ikut memberikan peluang kepada siapa pun dalam rangka upaya mendorong peningkatan kulitas sumber daya manusia yang ada di daetah ini.

Apalagi kata Aladin, pemerintah Sulbar telah berkomitmen tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Capaian pendidikan di Sulbar dapat diukur dengan melihat indeks pembangunan manusianya. IPM Sulbar dalam kurun waktu 2007 hingga 2013 menunjukkan kemajuan setiap tahun, meskipun belum mencapai target nasional.

"Pada tahun 2007 capaian IPM Sulbar sebesar 67,72 persen hingga tahun 2013 kita telah menembus angka 71,41 persen," ujarnya.

Aladdin juga menambahkan, angka melek di Sulbar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun 2006-2012, angka melek huruf tahun  2006 sebesar 85,90 persen terus mengalami tren peningkatan hingga tahun 2012 menjadi 88,79 persen.

Aladdin berharap, dengan bekerjasamanya Pemprov Sulbar  dengan TAU melalui program beasiswa cerdas sulbarku, maka akan memberi kemajuan pembangunan pendidikan dan akan melahirkan generasi Sulbar yang cerdas terampil dan berdaya saing nasional bahkan internasional.

"Dengan hadirnya Bapak Tanri Abeng ditengah-tengah kita yang membawa misi mulia dalam rangka mendedikasikan potensi perguruan tinggi yang beliau dirikan tentunya membawa harapan dan semangat bagi kita semua," ujarnya. (skd)