Pemprov harap gedung kampus II IAIN Palu tahan gempa

id wagub sulteng,pemprov sulteng,rusli palabbi,iain palu,sbsn iain palu

Pemprov harap gedung kampus II IAIN Palu tahan gempa

Wagub Sulteng Rusli Palabbi (kiri) mendampingi Sekjen Kemenag RI Prof Nizar pada kegiatan peresmian gedung pendidikan kampus II IAIN Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sabtu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi mengatakan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu harus memastikan bahwa gedung pendidikan kampus II di Kabupaten Sigi tahan terhadap gempa.

"Perlu dipastikan bahwa bangunan ini kokoh dan tahan terhadap goncangan gempa," kata Rusli Palabbi, saat menyampaikan sambutan peresmian gedung pendidikan kampus II IAIN Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Sigi, Sabtu.

Rusli Palabbi mengemukakan Pemprov Sulteng berharap gedung pendidikan yang dibangun oleh IAIN Palu di Desa Pombewe tidak hanya megah dari sisi arsitekturnya tetapi  bangunan tersebut juga mesti aman melindungi orang-orang yang akan beraktivitas di dalamnya.

"Karena tidak bisa dipungkiri kita tinggal di daerah rawan gempa, sehingga perlu dipastikan bahwa bangunan ini kokoh dan tahan dari gempa," ungkap Rusli Palabbi.

Wagub juga berharap kepada IAIN Palu akan merawat sarana penunjang gedung yang ada, sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang dan mampu memberikan pelayanan lebih baik.

Rusli Palabbi mengatakan peran perguruan tinggi termasuk IAIN Palu sangat dibutuhkan, dalam rangka menyelenggarakan pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing.

Wagub Sulteng juga meminta kepada akademisi di Sulteng termasuk di IAIN Palu agar mampu merespon tentang era digital, dengan membina generasi muda di tingkat perguruan tinggi dalam bidang informasi dan teknologi.

"Di masa pandemi sistem pendidikan dan pembelajaran di perguruan tinggi bertransformasi ke online dan digital, hal ini berdampak positif yaitu mahasiswa dan civitas akademik menjadi terbiasa dengan digital dan informasi teknologi," ungkapnya.
Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd menyerahkan cendramata kepada Wakil Gubernur Sulteng Rusli Palabbi, di sela-sela kegiatan peresmian gedung pendidikan kampus II IAIN Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sabtu (20/2). (ANTARA/Muhammad Hajiji)