FKUB: Muhibbah kerukunan upaya mencegah informasi mengganggu kedamaian

id FKUB, Muhibbah kerukunan, Zainal Abidin, Sulteng, toleransi, umat beragama

FKUB: Muhibbah kerukunan upaya mencegah informasi mengganggu kedamaian

Ketua FKUB Sulawesi Tengah, Prof Zainal Abidin (kanan) menyampaikan ceramah dalam kegiatan Muhibbah atau kunjungan kerukunan umat beragama yang berlangsung di Kabupaten Tojo Una-Una, Sabtu (10/4/2021). ANTARA/HO/FKUB Sulteng

Kegiatan ini merupakan bagian dari program FKUB dalam menjalin silaturahim dalam rangka menciptakan kerukunan antar umat beragama
Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah mengatakan Muhibbah kerukunan atau kunjungan kerukunan merupakan upaya mencegah informasi mengganggu ketentraman dan kedamaian antar umat beragama di provinsi tersebut.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program FKUB dalam menjalin silaturahim dalam rangka menciptakan kerukunan antar umat beragama," kata Ketua FKUB Sulteng Prof Zainal Abidin melalui keterangan tertulisnya di terima, di Palu, Minggu.

Dia mengatakan, Muhibbah kerukunan sudah dilaksanakan di beberapa kabupaten di provinsi itu. kabupaten Tojo Una-Una merupakan salah satu sasaran kegiatan tersebut yang berlangsung pada Sabtu (10/4).

Dimana, setiap kegiatan serupa Zainal selalu menyampaikan menghargai perbedaan dan mengedepankan toleransi, karena dengan begitu kerukunan antar umat beragama bisa terjalin dengan baik.

FKUB, katanya, mengapresiasi upaya-upaya kerukunan yang dilakukan oleh pemerintah Tojo Una-Una yang selama ini terjalin dengan baik.

"Dari informasi kami dengar, bahwa kabupaten itu sangat menjaga toleransi dan kehidupan umat beragama agar berlangsung secara harmonis," ucap Zainal.

Ia berharap, apa yang telah terjalin perlu ditingkatkan, karena saat ini banyak informasi yang dapat memecah belah umat beragama, karena tidak ada satu agama yang meridhai kekerasan, sehingga perilaku menyimpang hanya dilakukan oleh mereka-mereka yang salah memahami ajaran agama. 

"Agama itu suci dan tidak ada orang yang mau disalahkan keyakinannya. Olehnya kita sebagai penganut agama perlu memahami betul ajar agama masing-masing," ujar Zainal.

Muhibbah kerukunan oleh FKUB sudah terlaksana di Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Kota Palu, Poso dan Tojo Una-Una. Rencananya kegiatan serupa akan dilanjutkan di sejumlah kabupaten lainnya setelah Lebaran Idul Fitri.
 
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar