Kabut Asap Pekat Kembali Cemari Kota Palu

id asap

Kabut Asap Pekat Kembali Cemari Kota Palu

Ilustrasi--Kabut asap (antaranews)

Kabut asap kali ini, semua kiriman kebakaran hutan dari Kalimantan
Palu,  (antarasulteng.com) - Udara Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis, kembali tercemar kabut asap pekat setelah beberapa hari terbebas dari polutan tersebut.

Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Kasiron, mengatakan asap itu diduga kuat kiriman dari kebakaran hutan di Pulau Kalimantan.

"Kabut asap kali ini, semua kiriman kebakaran hutan dari Kalimantan," katanya.

Ia mengatakan sejak beberapa hari ini, Kota Palu bebas dari kabut asap. Tetapi Kamis mulai pukul 13.00WITA, kabut asap kembali mencemari udara meskipun tidak mengganggu jadwal penerbangan pesawat.

Menurut dia, meski kabut asap menyelimuti Kota Palu dan juga wilayah Kabupaten Donggala dan Sigi, tetapi penerbangan berlangsung lancar sesuai jadwal.

Pesawat dari dan ke Palu tiba dan diberangkatkan sesuai jadwal penerbangan yang sudah ditetapkan otoritas Bandara Mutiara Palu.

Kabut asap mengakibatkan gunung dan bukit-bukitdi Lembah Palu hampir tidak terlihat.

Kasiron juga mengatakan titik-titik kebakaran hutan di wilayah Sulteng sudah sepekan ini tidak terdeteksi.

Semua titik kebakaran hutan dan lahan yang sebelumnya sempat terlihat dari foto satelit, kini dalam beberapa hari ini sudah padam.

Dinas Kehutanan Sulteng sebelumnya mengklaim ada 21 titik kebakaran lahan dan hutan di sejumlah kabupaten dan kota.

Tetapi titik kebakaran lahan dan hutan yang sebelumnya meresahkan pemerintah dan masyarakat Sulteng karena terjadi pula di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, namun sudah padam karena beberapa hari sebagian wilayah Sulteng diguyur hujan ringan hingga lebat.