Orangtua murid diajak bisa maksimalkan portal Rumah Belajar

id rumahbelajar,kementerianpendidikan,sulawesitengah

Orangtua murid  diajak bisa maksimalkan portal Rumah Belajar

Sahabat Rumah Belajar Yandhu Ardianyah, tengah melangsungkan implementasi rumah belajar di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (29/10). ANTARA/HO/ (Sahabat Rumah Belajar)

Kota Palu (ANTARA) - Sahabat Rumah Belajar, Yandhu Ardiansyah mengajak para orangtua murid agar memaksimalkan fitur gratis yang dihadirkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam Portal Rumah Belajar.

Yandhu Ardiansyah mengatakan rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar, serta fasilitas komunikasi serta mendukung interaksi antar komunitas yang dapat diakses pada web https://belajar.kemdikbud.go.id/.

“Rumah Belajar merupakan inovasi pembelajaran 4.0 yang dapat dimanfaatkan peserta didik guru dan orang tua. Portal ini dapat dimanfaatkan dimana saja , kapan saja dan dengan siapa saja. Rumah Belajar memberikan kemudahan dalam komunikasi dan interaksi dalam proses belajar,” kata Yandhu kepada ANTARA di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin.

Ia menjelaskan portal Rumah belajar memiliki fitur fitur andalan yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Fitur-fitur andalan yang ada di Rumah Belajar diantaranya kelas maya, sumber belajar, laboratorium maya dan bank soal. Semua fitur ini bisa dimanfaatkan untuk proses belajar.

Kelas maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan untuk proses belajar mengajar secara virtual tanpa melakukan tatap muka. Kelas maya bisa dijadikan solusi proses belajar dari rumah d mas pandemi ini.

Semua interaksi yang terjadi dikelas tetap bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan fitur ini. Fitur ini memudahkan guru dan peserta didik dalam proses belajar. Sumber Belajar merupakan fitur yang menyajikan berbagai materi ajar yang bisa dimanfaatkan guru dan peserta didik dalam proses belajar dari rumah.

Menurutnya fitur ini memberi kemudahan untuk guru dan peserta didik dalam mengakses bahan belajar. Sebab menyediakan metode visual juga audio dan konten Web.

“Pastinya semua sumber belajar bisa diakses dengan gratis,” jelasnya.

Selain itu Portal Rumah Belajar ini juga telah menyediakan proses evaluasi sekaligus proses penilaian dengan fitur bank soal.

Dikatakannya bank soal menyediakan kumpulan soal berdasarkan topic atau materi ajar yang ada . Fitur ini bisa dimanfaatkan dimana saja, dan kapan saja sesuai keinginan para orang tua anak.

Ia juga menambahkan salah satu fitur andalam yang ada ialah laboratorium maya (Lab maya). Fitur ini menyajikan simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Fitur ini sangat efektif dimanfaatkan dalam masa pandemi ataupun dalam proses pembelajaran biasa.

Lab maya ini memberikan kemudahan peserta didik dalam melakukan praktikum.

“Sehingga portal ini efektif digunakan untuk membantu dan memaksimalkan proses pembelajaran dari rumah. Semoga kita semua bisa memanfaatkan portal ini dan bisa memberikan ide dalam pengembangan portal ini,” ujarnya.