Kementan dorong Pemkab Poso embangkan potensi kampung hortikultura

id pertanian, hortikultura, poso, kementerianpertanian, sulawesitengah

Kementan dorong Pemkab Poso  embangkan potensi kampung hortikultura

Arsip foto : Staf Khusus Kementerian Pertanian Yesiah Ery Tamalagi meresmikan kampung hortikultura di Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA/HO/ (Dok Pribadi)

Poso (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, agar mengembangkan potensi kampung hortikultura yang dapat membantu penghasilan petani.

"Program kampung hortikultura harus terus didorong, baik itu di wilayah Sulawesi Tengah dan secara umum di wilayah Indonesia," jelas Staf Khusus Kementerian Pertanian Yesiah Ery Tamalagi dihubungi di Poso, Jumat.

Ery mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu penghasil ekspor terbesar bagi Indonesia sehingga Pemkab Poso perlu mengembangkan tanaman hortikultura, terutama di desa.

"Ke depan kampung-kampung hortikultura di Kabupaten Poso bertambah tidak hanya di Kecamatan Lore Utara," terangnya.

Menurut Ery, selama ini Kabupaten Poso termasuk daerah pengembangan sektor pertanian yang menghasilkan sayuran dan buah kualitas ekspor.

"Kampung hortikultura ini jadi salah satu program Kementerian Pertanian yang perlu dikembangkan. Perlu kembangkan lagi kualitas pertaniannya," tutur Ery.

Ery mengatakan, semenjak dicanangkan sebagai kampung hortikultura di Lore Utara pada November 2021, penghasilan petani di wilayah tersebut menjadi meningkat.

"Para petani tetap juga dapat pembinaan dan kita harap daerah lain di Sulteng bisa meniru Kabupaten Poso," kata Ery.