DPK Sulteng siapkan layanan keanggotaan terintegrasi dengan Perpusnas

id perpustakaan sulawesi tengah,perpustakaan daerah,layanan perpustakaan

DPK Sulteng  siapkan layanan keanggotaan terintegrasi dengan Perpusnas

Arsip Foto.Ibu rumah tangga dan anak-anak membaca buku koleksi mobil perpustakaan keliling di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/3/2022). (ANTARA/Mohamad Hamzah)

Palu (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang mempersiapkan layanan keanggotaan perpustakaan daerah yang terintegrasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

"Jika layanan keanggotaan yang terintegrasi dengan Perpusnas ini telah berjalan, masyarakat yang menjadi anggota perpustakaan daerah DKP Sulteng juga dapat meminjam buku di Perpusnas," kata Kepala DPK Sulteng I Nyoman Sriadijaya saat dihubungi dari Palu, Selasa.

"Warga yang sedang berada di Jakarta dan terdaftar sebagai anggota perpustakaan daerah DPK Sulteng dapat meminjam buku di Perpusnas," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa warga yang sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan daerah Sulawesi Tengah nantinya juga akan bisa mengakses buku-buku digital koleksi Perpusnas.

"Koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah milik DPK Sulteng sangat terbatas. Makanya kita siapkan layanan keanggotaan yang terintegrasi dengan Perpusnas agar masyarakat Sulteng juga dapat mengakses dan meminjam buku yang dikoleksi Perpusnas," katanya. 

"Jadi, cukup mendaftar menjadi anggota perpustakaan daerah DPK Sulteng, masyarakat dapat meminjam buku di Perpusnas di Jakarta. Koleksi buku yang dimiliki Perpusnas terkenal sebagai salah satu yang terlengkap di dunia," demikian I Nyoman Sriadijaya.