Pemprov Sulteng beri petani Donggala lahan 400 hektare

id Pemprov Sulteng,Gubernur Sulteng,Tora,Redistribusi lahan,Ridha saleh

Pemprov Sulteng  beri petani Donggala lahan 400 hektare

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyerahkan/redistribusi sertifikat lahan seluas 325 hektare kepada masyarakat petani di kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi tahun 2021.  (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah memberikan lahan potensial pertanian kepada petani di Kabupaten Donggala, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi petani.

"Iya, pemerintah akan memberikan lahan melalui skema redistribusi lahan atau tanah kepada petani," ucap Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, di Palu, Kamis (2/6).

Kata Ridha Saleh, lahan yang akan diberikan kepada petani terdapat di dalam kawasan pangan terletak di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Setiap petani, ujar dia, direncanakan akan mendapat dua hektare lahan, dengan demikian terdapat 200 petani yang direncanakan sebagai penerima manfaat.

"Gubernur Sulteng bapak Rusdy Mastura telah memerintahkan kepada lembaga, badan dan dinas terkait untuk segera mengurusi dan menyelesaikan hal itu," ujar Ridha Saleh.

Gubernur Rusdy Mastura, kata dia, menargetkan seremonial pemberian lahan kepada petani dilakukan oleh Presiden RI, sekaligus Presiden meninjau kawasan pangan dan melakukan penanaman perdana jagung di kawasan pangan tersebut.

"Karena itu, saat ini terus dilakukan persiapan termasuk mulai membangun embung agar menunjang penanaman jagung," ucapnya.

Ridha Saleh menyebut peningkatan kesejahteraan petani menjadi satu prioritas Gubernur Sulteng Rusdy Mastura lewat visi "gerak cepat Sulteng lebih maju dan lebih sejahtera".

Olehnya lahan-lahan eks hak guna usaha dan perkebunan yang dikuasai oleh pemerintah akan diberikan kepada petani melalui berbagai skema salah skema Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

"saat ini sedang fokus terhadap beberapa daerah terkait dengan implementasi program TORA yaitu Kabupaten Sigi, Donggala dan Tojo Una-una," ungkapnya.
Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)