Indonesia bungkam Filipina 2-0 Piala AFF U-16 2022

id timnas u16 indonesia,piala aff u16 ,christopher pedimonte,arkhan kaka

Indonesia bungkam Filipina 2-0 Piala AFF U-16 2022

Pelatih tim nasional U-16 Filipina Christopher Pedimonte (kanan) memberikan keterangan kepada pewarta usai laga Grup A Piala AFF U-16 2022 kontra Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). Indonesia memenangkan laga itu dengan skor 2-0. (Michael Siahaan)

 

Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Tim nasional U-16 Indonesia membungkam Filipina dengan skor 2-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu malam.

Kemenangan berkat gol bunuh diri pemain Filipina Jared Pena dan sumbangan penyerang Arkhan Kaka Purwanto itu membawa Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A.

Indonesia memiliki selisih gol lebih sedikit daripada Vietnam di posisi satu, yang pada hari yang sama menundukkan Singapura 5-1. Filipina bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Dalam laga kontra Filipina, pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti menurunkan pemain yang baru berusia 14 tahun Arkhan Kaka Purwanto. Arkhan ditempatkan sebagai penyerang tunggal dalam formasi 4-1-4-1.

Namun, mulai menit pertama, Indonesia berada dalam tekanan Filipina. Skuad berjuluk "Garuda Asia" pun fokus bertahan sambil melihat kemungkinan untuk melakukan serangan balik. Strategi tersebut berbuah gol pada menit keempat. Lewat sebuah serangan balik, timnas U-16 Indonesia mengalirkan bola ke sisi kanan di mana Arkhan Kaka sudah menunggu.

Arkhan lalu menyisir sayap dan melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Bola diantisipasi oleh gelandang Filipina Jared Pena, tetapi berbelok arah ke dalam gawang sendiri.

Memimpin satu gol, Indonesia pelan-pelan mengambil alih dominasi pertandingan. Mereka konsisten mengancam benteng Filipina terutama melalui operan-operan dari sayap.

Tercatat, setelah gol pertama, Indonesia melepaskan empat sepakan tepat sasaran ke gawang lawan. Percobaan-percobaan tak kenal lelah itu pun menghasilkan gol kedua untuk Indonesia pada menit ke-38.

Gol tersebut dibuat Arkhan Kaka yang memanfaatkan operan bek Habil Akbar dari sisi kiri.

Tak ada gol yang tercipta setelahnya. Indonesia unggul 2-0 sampai laga memasuki masa jeda.

Usai turun minum, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Namun, mereka kesulitan mencetak gol.

Sebanyak dua percobaan Indonesia mengenai tiang gawang dan beberapa sepakan tidak tepat sasaran.

Gol yang diharapkan kedua tim tak kunjung tiba. Kedudukan 2-0 untuk kemenangan Indonesia pun bertahan sampai pertandingan tuntas.

 

Sementara itu pelatih tim nasional U-16 Indonesia Christopher Pedimonte mengatakan gol cepat Indonesia pada pertemuan kedua tim dalam Grup A Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7), mengubah arah laga.

"Pada babak pertama kami kebobolan gol cepat yang mengubah momentum pertandingan. Saya pikir, kalau itu tak terjadi, ceritanya bisa lain," kata Christopher usai pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Filipina memang menguasai laga sejak awal, namun Indonesia yang mengandalkan serangan balik mencuri gol pada menit keempat.

Gol tersebut tercipta akibat bunuh diri kapten yang juga gelandang Filipina Jared Pena. Jared salah mengantisipasi umpan silang penyerang Indonesia Arkhan Kaka.

Setelah itu, Indonesia berbalik mendominasi pertandingan dan akhirnya menggandakan kedudukan pada menit ke-38 lewat gol Arkhan Kaka yang membuat Filipina takluk 0-2.

Menurut Christopher, Indonesia tampil sangat baik dalam laga itu. Semua pemain Garuda Asia dinilainya memiliki performa yang apik.

"Semua pemain Indonesia menunjukkan kelasnya hari ini. Mereka memainkan sepak bola fantastis di depan pendukung mereka. Kami sebenarnya mampu bermain lebih baik pada babak kedua dan bisa membuat beberapa peluang. Indonesia tim kuat dan kami sudah memperkirakan mereka akan menekan kami. Akan tetapi, saya pikir kami sudah mengantisipasinya dengan baik dan menahan Indonesia membuat lebih banyak gol," tutur Christopher.

Kemenangan itu membuat Indonesia berada pada peringkat kedua klasemen Grup A setelah kalah selisih gol daripada Vietnam yang menduduki posisi satu usai menundukkan Singapura 5-1 dalam hari yang sama. Filipina menempati peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Rabu (3/8) Indonesia akan melawan Singapura pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo. Pada hari yang sama Filipina menghadapi Vietnam di Stadion Sultan Agung, Bantul.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022