UIN Datokarama-BPDASHL bersinergi tanam pohon di Sigi

id perpustakaan uin palu,rifai,uin datokarama,penanaman pohon,penghijauan,pelestarian lingkungan,bpdashl

UIN Datokarama-BPDASHL  bersinergi tanam pohon di Sigi

Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama Rifai (kanan) menerima bibit pohon dari pihak BPDASHL Palu-Poso, berlangsung di Sigi. (Dok UPT Perpustakaan UIN Datokarama)

Palu (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Palu-Poso bersinergi melaksanakan penanaman pohon di Kabupaten Sigi.

"BPDAS membantu bibit tanaman pohon produktif yang akan ditanam di Sigi," ucap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Datokarama Palu Rifai, dihubungi dari Palu, Senin, terkait kegiatan pelestarian lingkungan bertajuk "lestari dan literasi" dalam rangka peringatan Hari Pohon se-Dunia.



Ia mengatakan UPT Perpustakaan UIN Datokarama bersinergi dengan BPDASHL Palu-Poso melaksanakan penanaman 1.000 pohon di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Penanaman pohon, kata dia, akan dilakukan pada Selasa (29/11) di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru, termasuk di Kampus II UIN di Desa Pombewe dengan melibatkan mahasiswa.

Ia mengatakan, selain untuk memperingati momentum Hari Pohon se-Dunia tahun 2022, penanaman pohon itu sebagai bentuk upaya bersama dalam pelestarian lingkungan, yang merupakan pendekatan dalam menjaga keseimbangan dan kualitas ekologi.



Oleh karena itu, kata dia, pohon yang ditanami adalah pohon pelindung dan tanaman produktif seperti mangga, alpukat, dan lainnya yang ke depan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif dalam pemenuhan pangan dan gizi.

"Sebagian bibit pohon akan dibagikan kepada masyarakat khususnya petani di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru, agar mereka tanam di lahan pertanian mereka," ucap dia.

Ia menambahkan bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan dengan berkolaborasi BPDASHL Palu-Poso juga menjadi satu bentuk sosialisasi atau kampanye tentang pentingnya pelestarian lingkungan.



"Penanaman pohon ini juga menjadi pendekatan literasi dan edukasi tentang pelestarian lingkungan," kata Rifai.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UIN Datokarama-BPDASHL bersinergi tanam pohon di Sigi