Timsel anggota-KPU bersiap laksanakan tes berbasis CAT

id Timsel anggota KPU,Rifai Dongko,Rifai,Kpu sigi,Kpu donggala,Kpu parigi moutong,Pemilu 2024

Timsel anggota-KPU bersiap laksanakan tes berbasis CAT

Ketua Timsel Anggota KPU Tiga Kabupaten, Rifai. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Tim seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, bersiap melaksanakan tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) usai melakukan penelitian administrasi pendaftar.

"Tes berbasis CAT akan dilaksanakan di Universitas Tadulako Palu," kata Ketua Tim Seleksi KPU tiga kabupaten, Rifai, di Kota Palu, Kamis.

Rifai mengatakan mengakui bahwa Timsel anggota KPU tiga kabupaten tersebut telah mengumumkan nama - nama pendaftar yang memenuhi syarat atau lulus dalam tahap penelitian administrasi.

Pengumuman itu tertuang dalam pengumuman nomor 25/TIMSELKK-GEL.9-Pu/02/72/2023 tentang hasil penelitian administrasi bakal calon anggota KPU Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.

Dalam pengumuman itu, terdapat 41 bakal calon anggota KPU Kabupaten Donggala yang dinyatakan memenuhi syarat berdasarkan penelitian administrasi.

Kemudian, 46 orang bakal calon untuk KPU Kabupaten Parigi Moutong dan 62 orang bakal calon KPU Kabupaten Sigi.

Dengan demikian terdapat delapan orang pendaftar yang tidak memenuhi syarat administrasi untuk calon anggota KPU Donggala, enam orang pendaftar tidak memenuhi syarat untuk KPU Kabupaten Sigi dan enam orang tidak memenuhi syarat untuk KPU Parigi Moutong.

"Bakal calon yang lulus penelitian administrasi, agar mengikuti tes tertulis berbasis CAT dan tes psikologi," kata Rifai.

Pelaksanaan tes tertulis berbasis CAT dilaksanakan oleh tim seleksi pada tanggal 29 Oktober 2023 dan tes psikologi dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2023.

Muatan tes tertulis berbasis CAT di antaranya mengenai kepemiluan dan wawasan kebangsaan.

Rifai mengemukakan bahwa setelah tahapan tes tertulis dan tes psikologi, peserta yang lulus akan mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan.

Ia menambahkan bahwa tim seleksi diberi waktu bekerja selama dua bulan terhitung mulai bulan Oktober 2023.

"Dalam jangka waktu dua bulan seluruh proses seleksi sudah hanya tuntas dan selesai," sebutnya.